KKP Bakal Budi Daya Rumput Laut Ramah Lingkungan di Maluku Tenggara

oleh -53 views

Porostimur.com, Nusa Dua – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun pemodelan budi daya rumput laut ramah lingkungan di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) seluas 50 hektare (Ha). Proyek yang sama juga akan dilaksanakan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelumnya proyek yang sama telah dilaksanakan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara dengan luas yang sama.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan penambahan pemodelan budi daya rumput laut ramah lingkungan di Malra dan Rote Nadao, akan dilakukan pada tahun 2024 ini.

Menurut Trenggono, kehadiran proyek ini akan bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan petani rumput laut, menambah kesempatan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga  6 Imam di Galela Doakan Sultan Tidore Jadi Gubernur Maluku Utara

“Pada 2024 kami berencana mengembangkan pemodelan (budidaya rumput laut) lagi di dua lokasi tambahan, Rote Ndao dan Maluku Tenggara masing-masing seluas 50 Ha,” kata Trenggono di Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024).

Trenggono menargetkan produksi di setiap lokasi bisa sebesar 2.187 ton rumput laut basah per tahun.

“Melengkapi pemodelan budi daya rumput laut, kami juga menerapkan strategi revitalisasi untuk meningkatkan budi daya rumput laut yang sudah ada dengan penyediaan bibit dan pembibitan kultur jaringan,” jelas Trenggono.

No More Posts Available.

No more pages to load.