KM Fungka Murni Tenggelam di Perairan Kayoa Halmahera

oleh -216 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Satu kapal berpenumpang 10 orang tenggelam di perairan Pulau Siko, Kabupaten Halmahera Selatan, menurut Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate di Maluku Utara.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah di Ternate, Senin (24/2/2020) mengatakan bahwa pada 23 Februari Kapal Motor (KM) Fungka Murni terseret arus di perairan sekitar Pulau Siko karena mesinnya mati dan kemudian membuang jangkar di sebelah timur Pulau Siko. 

Namun, ia melanjutkan, tali jangkar kapal itu putus sehingga kapal kemudian terbawa ke arah darat dan tenggelam setelah menabrak rep. Nakhoda kapal lalu berenang menuju Desa Siko untuk meminta bantuan.

Sembilan dari sepuluh orang yang berada di dalam kapal tersebut berhasil diselamatkan oleh warga Desa Siko. Menurut keterangan yang didapat Basarnas dari Sekretaris Desa Siko, Faisal, sembilan orang yang berhasil dievakuasi saat ini berada di rumah Sekretaris Desa.
​​​​​​
“Satu orang di antaranya, yang bernama Soni Rondak (58), warga Bitung, Sulawesi Utara, hilang dan masih dalam pencarian,” kata Muhamad Arafah.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, mengatakan pihaknya memperoleh informasi dari warga bernama Datsun, yang tercatat sebagai pegawai di Bagian Pemerintahan Kabupaten Halmahera Selatan.

Baca Juga  Polisi Tertibkan Aksi Balap Liar di Depan SMKN 2 Bitung

“Dalam laporannya, sekitar pukul 12.00 WIT, kapal KM Fungka Murni mengalami mati mesin dan terseret arus di sekitar perairan Pulau Siko,” ungkap Arafah

Sekitar pukul 18.00 WIT, lanjut dia, kapal lego jangkar di sebelah timur Pulau Siko. Malamnya, sekitar pukul 00.10 WIT, tali jangkar putus. “Kapal pun hanyut ke arah daratan, dan menabrak rep (karang timbul) yang membuat kapal tenggelam,” katanya.

Saat ini, kata dia, tim Rescue Basarnas Ternate telah bergerak menuju lokasi kejadian menggunakan kapal milik Basarnas, yakni KN SAR 237 Pandudewanata, untuk melakukan pencarian korban hilang.

“Tim penyelamat dari Basarnas Ternate sudah bergerak menuju lokasi kejadian menggunakan kapal untuk mencari satu penumpang kapal yang belum ditemukan. Perkembangan selanjutnya akan menyusul,” tukasnya. (red/kump/bs)