KM Lingkar karam, 10 orang penumpang masih dicari

oleh -59 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Hingga saat ini, 10 orang penumpang KM Lingkar yang tenggelam di perairan Aru, masih dalam pencarian.

Saat KM Lingkar tenggelam, Minggu (26/11), 16 penumpang dan anak buah kapal (ABK)nya berhasil diselamatkan Satgas Yonif Raider 515 Kostrad.

Saat insiden ini terjadi, KM Lingkar sendiri sementara memuat material tower dan 17 orang pekerjanya serta 9 orang ABK.

Dimana, rombongan dimaksud berencana akan memasang tower Telkomsel di Kabupaten Kepulauan Aru, tepatnya di Desa Lorang, Manjau, Alagadang dan Irloi.

Kesepuluh korban yang hilang dan belum ditemukan terdiri sembilan orang pekerja tower antara lain Agus Suwiknyo, Abdul Wahab, Budiono, Hartono, Yanto, Faat, Bunawi, Khoirul, Ali Mudor.

Baca Juga  Jamin keamanan Lebaran dan Pilgub, Polda Maluku tetap siaga

Rilis berita yang diterima dari Komandan Pos (Danpos) Satgas Yonif Raider 515/Kostrad di Kabupaten Kepulauan Aru, Pelda Muryono, Senin (27/11), menyebutkan pihaknya melihat belasan orang itu melambaikan tangan seraya meminta pertolongan, di sekitar Batu Bendera, sungai Benjina, saat timnya sedang melakukan perjalanan menuju Dobo sekitar pukul 11.20 WIT.

Saat mendekat dan dikonfirmasi, akunya, barulah diketahui bahwa mereka merupakan korban selamat dari insiden karamnya KM Lingkar.

”Ternyata mereka adalah korban selamat dari KM Lingkar yang tenggelam yang berjumlah 16 orang, dan penyampaian dari mereka masih ada 10 orang yang hilang,” ujarnya.

Sesuai keterangan Kapten KM Lingkar, Anhar Jefratin, kapal yang dinahkodainya itu berangkat dari Dobo, Sabtu (25/11) malam dan tiba di sekitar perairan Batu Bendera Sungai Baraka, pada Minggu (26/11) pagi sekitar pukul 04.45 WIT.

Baca Juga  Terjadi Adu Mulut, Anggota Polairud Polda Sulut Ditikam Pemuda Tandurusa

Saat di lokasi inilah,akunya, kapal tiba-tiba miring ke kanan dan selanjutnya perlahan tenggelam.

Melihat kondisi itu, ABK dan pekerja langsung menyelamatkan diri dengan cara melompat ke air untuk berenang menuju ke daratan yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi kejadian.

”Kami 16 orang dapat mencapai daratan dan selamat, sedangkan yang 10 orang sampai sekarang nasibnya belum diketahui,” akunya.

Ketika hari sudah mulai menjelang siang, jelasnya, sebuah kapal kayu dari Mesiang tujuan Kota Dobo, melintas tepat di lokasi itu.

Saat itulah, Danpos Pelda Mulyono beserta kedua anggotanya yang menumpangi kapal kayu dimaksud menolong belasan Abk dan pekerja tower untuk dievakuasi ke Polsek Benjina.

Baca Juga  KPK Periksa Wakil Ketua Dewan Syura PKB dalam Kasus Suap PUPR di Maluku

Begitupun pihak Koranmil 503-03/Dobo yang dihubungi wartawan, mengaku masih terus berkoordinasi dengan pihak Lanal Aru, Polres Kabupaten Kepulauan Aru dan BPBD Kabupaten Kepulauan Aru, untuk melakukan pencarian terhadap korban hilang. (Team)