KM Sumber Harapan terbakar, 5 kru berhasil selamat

oleh -46 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Kapal motor bertonase kecil (5GT), KM Sumber Harapan, mengalami kebakaran di perairan Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu (17/2).

Baik Nahkoda, La Jun (41), beserta keempat anak buah kapal (ABK), Sarifudin (47), La Oko (37), Adianto (24) dan Aduhasa (31), tidak mengalami luka apa pun.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan dari Ambon, Senin (19/2), hal ini dibenarkan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Salahutu, Iptu S. Hunusalela.

Menurutnya, KM Sumber Harapan ini sebelumnya hendak berangkat menuju ke Kecamatan Obi Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), pada Sabtu (17/2), sekitar pukul 21.15 Wit, dengan maksud akan menyuplai bahan sembako.

Link Banner

Saat bertolak meninggalkan perairan Tulehu sekitar 15 menit lamanya, akunya, Nahkoda melihat ada percikan api dalam Kamar Mesin, seraya berteriak kepada ABK agar segera meninggalkan kapal.

Baca Juga  Soal Pilkades, Komisi I DPRD Kepulauan Sula Tak Tinggal Diam

Kelimanya kemudian berenang menuju sebuah bagan/rumpon tradisional dan berteduh disitu seraya menunggu bantuan yang datang.

Ketika terjadinya kebakaran kapal, jelasnya, saat itu disaksikan oleh salah seorang warga Tulehu, Adam (48).

Ditemani 3 orang warga Tulehu lainnya, mereka mencoba untuk mencapai lokasi kebakaran dengan menumpangi bodi sela.

Sesampainya di lokasi kebakaran, mereka tidak menemukan korban-korban.

Setelah beberapa menit mencari, keempatnya akhirnya menemukan kelima korban selamat sedang berteduh pada sebuah bagan dan menyambangi mereka di sana.

Kelimanya kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Hurnala Tulehu untuk mendapatkan perawatan medis sebagaimana mestinya dan tiba di pelabuhan dimaksud sekitar pukul 22.48 Wit.

Diakuinya, dirinya bersama dengan 2 personil Polsek Salahutu sementara menunggu kedatangan rombongan evakuasi di pelabuhan dimaksud, serta mendengarkan penjelasan terkait insiden dimaksud.

Baca Juga  Biografi Miyabi setelah 10 Tahun Akting Film Panas Jepang, Bagian Ini yang Berubah

Sesampainya di pelabuhan, terangya, Adam kemudian melarikan La jun yang sudah mengalami luka bakar ke RSUD Dr. Izhak Umarella Tulehu untuk menjalani perawatan medis.

Pasalnya, pada bagian kedua betis, wajah dan tangan La Jun mengalami luka akibat kebakaran.

Sekitar pukul 23.00 Wit, jelasnya, anggota Pos Polairud Tulehu, Brigpol C. Pattinasarany Brigpol A. Patty, menumpangi rubber boat (perahu karet) menuju lokasi kebakaran.

Di lokasi ini, keduanya bahu-membahu dengan masyarakat Tulehu memadamkan api yang sudah melalap seluruh bagian kapal, dan baru berhasil didapamkan pada pukul 00.56 Wit.

Menurutnya, sembako yang diangku KM Sumber Harapan antara lain beras, gula pasir, mie instan, minyak kelapa, BBM terdiri dari 100 liter minyak tanah dan 2 drum solar bertotal 400 liter.

Baca Juga  PLN Gunakan Terra Drone untuk Survey Jalur Listrik Desa di Maluku Utara

Untuk nilai kerugian material, tambahnya, masih belum ditafsirkan berapa nominalnya. (keket)