Kodam XVI/Pattimura gelar pisah sambut Pangdam 

oleh -144 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Setelah menjalani pelantikan dan sertijab sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, pada awal tahun 2019 ini, Mayjen TNI Marga Taufiq pun menjalani acara pisah sambut dengan mantan Pangdam XVI/Pattimura sebelumnya, Mayjen TNI Suko Pranoto.

Mayjen TNI Suko Pranoto sendiri, akan dimutasikan menempati jabatan baru Inspektorat Jenderal TNI AD (Irjenad).

Tradisi penerimaan dan pelepasan Pangdam XVI/Pattimura ini digelar di Lapangan Markas Kodam (Makodam) XVI/Pattimura, Ambon, Senin (14/1).

Acara dimaksud dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan dan dihadiri seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura.

Dari rekam jejak karirnya, Mayjen TNI Marga Taufiq merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Panglima Divisi (Pangdiv) Infanteri 2 Kostrad.

Baca Juga  Jadwal UEFA Nations League Malam ini, Swedia Vs Prancis

Taufiq sendiri, sebelumnya pernah menjabat sebagai Dandim 1403/Sawerigading Palopo, Dandim 1408/BS Makassar, Danrem 132/Tadulako Palu, Paban Sterad, Waaster Kasad dan Kasdam II/Sriwijaya.

Rilis berita yang diterima wartawan dari Dinas Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura, menyebutkan usai mencium Pataka, Taufiq menerima paparan singkat mengenai kondisi geografis, personil, materiil dan situasi jajaran, sebagai bahan pertimbangan-pertimbangan dalam menjalankan tugas kedepan, yang disampaikan Asisten Perencanaan (Asren), Kolonel (Inf) Sarifudin.

Di antaranya, program-program yang telah digulirkan Kodam XVI/Pattimura seperti program emas biru, emas hijau dan emas putih.

Saat memberikan kesannya, mantan Pangdam VXI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, tak lupa menyampaikan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat di Maluku, khususnya di Kota Ambon.

Baca Juga  Abu Nawas dan RUU Cipta Kerja

Pasalnya, masyarakat maupun seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura telah membantu menciptakan iklim kondusif, khususnya selama dirinya menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura.

”Saya berpesan kepada para prajurit Kodam XVI/Pattimura agar senantiasa menjaga soliditas, loyalitas dan rasa pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara. Jaga kesiapan dan kemampuan operasional baik personel, materiil dan kesiapan satuan secara keseluruhan,”  ujarnya.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, berjanji akan meneruskan apa yang telah dilakukan oleh pangdam sebelumnya dalam menegakkan tonggak kepemimpinan pada Kodam XVI/Pattimura.

Terpisah, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura, Kolonel (Arm) Sarkistan Sihaloho, menyampaikan bahwa keberadaan Mayjen Marga Taufiq bakalan memberikan nuansa dan semangat baru bagi keluarga besar Kodam XVI/Pattimura, apalagi Taufiq juga dilengkapi dengan ide dan konsep yang tak kalah bagusnya dengan pangdam-pangdam sebelumnya.

Baca Juga  PNS Pemkot Ambon Mulai Jalani Swab Tes

”Dengan bermodalkan pengalaman yang sangat banyak di bidang teritorial, Mayjen TNI Marga Taufiq pasti memiliki ide-ide dan konsep-konsep baru terkait dengan kegiatan dan serbuan terirotial di wilayah kodam,” pungkasnya. (vanessya)