Kodim 1502/Masohi Bina Generasi Muda Melalui Karate

oleh -100 views
Link Banner

Porostimur.com | Masohi: Setelah mengalami Pasca Gempa bumi yang sangat mangharukan, disusul datangnya Virus Corona yang mematikan, aktifitas Karate inkai Kodim 1502/Masohi sempat macet.

Setelah terganggu dan bahkan tertekan dengan situasi pandemi Civid – 19, kini putra dan putri Keluarga besar Tentara (KBT) khususnya Kodim 1502/Masohi kembali gerakan badan lewat berlatih karate lagi.

Dandim 1502/ Masohi Letkol Inf. Nunung Wahyudy.SE.M.Si menjelaskan”Sejumlah putra putri KBT (Kluarga Besar Tentara) Kodim 1502/Masohi kembali berlatih olah raga bela diri Karate. Ujar Dandim.

” Dengan menggunakan masker di Makodim Kota Masohi, kegiatan latihan tersebut dimulai kembali dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan menjaga jarak fisik guna menghindari penyebaran Covid-19”, ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan melalui pelatihan Karate yang bertempat di Makodim, kami mencoba membangun kembali semangat jiwa muda para generasi yang sebentar akan menjadi Pilar Bangsa, walau masih ada dalam situasi pandemi Covid – 29.

Baca Juga  Assagaff beberkan potensi investasi di Maluku

Adapun selaku pelatih atau yang di sebut simpai Inkai yang sudah terbentuk sejak Oktober 2015 adalah Sertu Gusti sebagai Ketua Pembina INKAI (Institut Karatedo Indonesia) dibawah KONI Maluku Tengah. 

Menurutnya” sudah sekian lama Sertu Gusti telah berupaya mengembangkan INKAI yang sampai saat ini sudah diikuti kurang lebih 50 orang baik dari lingkungan putra-putri KBT maupun masyarakat umum. 

Kegiatan berolah raga Karate secara rutin, menjadi salah satu upaya efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Dengan daya tahan tubuh yang kuat, seseorang menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang bakteri, kuman maupun virus penyebab penyakit.

Kegiatan olah raga Karate ini tentu saja masih dapat dilakukan dengan jumlah yang terbatas dan jam pertemuan disesuaikan dengan tidak bertolak dari anjuran Pemerintah yakni Protokol Kesehatan.

Baca Juga  5 Rekomendasi Film Nominator Oscar, Layak Masuk Daftar Nontonmu

Selama kebijakan pembatasan sosial masih dilakukan maupun menuju pada pelonggaran New Normal, Hingga saat ini INKAI Kodim 1502/Masohi telah mengikuti beberapa kejuaraan baik tingkat kabupaten sampai tingkat Nasional.

Dikatakannya bahwa kejuaran yang akan diikuti seperti Kejuaraan Garuda Yaksa Cup di Ambon, Kejuaraan Sion Cup di Ambon Maluku, Kejuaraan Sona INKAI di Kendari Sultra, dan Kejuaraan Open Turnamen di Jombang Jatim.

Bahkan ada beberapa anggota dari INKAI yang di bina oleh Kodim 1502/Masohi mendapatkan Juara 2 tingkat Provinsi serta Juara 2 dan 3 tingkat Nasional.

Kegiatan latihan yang dilaksanakan tiap sore pada hari Senin, Rabu, dan Jumat mendapatakan dukungan penuh dari Dandim 1502/Masohi selaku penanggung jawab kegiatan sehingga INKAI Kodim 1502/Masohi terus berkembang hingga Sekarang. (keket)