Kodim 1504/Ambon Gelar Penghijauan & Opsih di Siwang Paradise

oleh -10 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kodim 1504/Ambon menggelar kegiatan penghijauan dan pembersihan dalam rangka pembinaan lingkungan hidup dengan tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa”, di lokasi wisata Siwang Paradise, Sabtu (9/1/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Danramil 1504 Ambon Letnan Satu, Inf. Hamlek Lumamuly beserta jajarannya, Komunitas Ukulele (Lebe Bae) dan Kepala Tata Lingkungan DHLP Kota Ambon, Ir Samuel Matulessy.

Kepada masyarakat yang berada di sekitar areal Siwang Paradise, Matulessy berharap agar dapat bekerja sama dalam memelihara pelestarian alam dan merawat pohon yang ditanam.
“Kita harus menjaga dalam artian melestarikan. Jadi ini program bukan saja di komunitas tapi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, karena alam ini bukan cuma milik komunitas saja atau milik pemerintah saja. Alam adalah milik semua orang,” ungkapnya.

Baca Juga  Dua Kandidat Bertarung Rebut Kursi DPD I Golkar Malut

Sementara Danramil sangat berterima kasih kepada Komunitas Ukulele (Lebe Bae) atas kerja sama dan niat untuk menanamkan kesadaran lingkungan kepada masyarakat.

“Terima kasih untuk rekan-rekan media yah yang sudah hadir untuk meliput mengambil informasi tentang kegiatan kita kerja sama dengan adik-adik Lebe Bae. Jadi kami dari kewilayahan Korem ya kemudian Kodim, dan Kodim memberitahukan saya sebagai Koramil untuk melaksanakan kerja sama dengan masyarakat terkhusus adik-adik kita dari komunitas Lebe Bae untuk melaksanakan aktivitas,” katanya.

“Kegiatan yang pertama itu penanaman pohon dan penghijauan, dalam penghijauan ini kami sangat bangga dengan adik-adik ini karena mereka masih kecil-kecil sudah ada punya niat yang baik untuk menanam menumbuhkan mereka punya kesadaran tentang Apa itu arti lingkungan hidup, ini yang membuat saya sebagai Danramil sangat bangga,” imbuhnya.

Baca Juga  Menang 2-0, Joker FC Tampil Apik Saat Jamu IKA TEKNIK

Selain ucapan terima kasih, Lumamuly menghimbau agar tidak lagi membuang sampah secara sembarangan.

“Kemudian di satu sisi masalah kebersihan, di sini tempat yang nota benenya tempat wisata. Tempat wisata itu harus dilihat dari kebersihan tetapi saat ini rekan-rekan bisa melihat bahwa kita kerja sama dengan adik-adik Lebe Bae melaksanakan pembersihan, kalau bisa lihat di belakang itu sampah itu sangat banyak,” ungkapnya.

“Ya ini harus kita melakukan sesuatu kegiatan yang sangat mendesak dan kita harus berpacu kepada pengelola, sehingga pengelolah ini dia bisa melihat masyarakat yang masuk dan membatasi mereka untuk membawa minuman yang berupa botol plastik, ya minimal itu kalau bisa masyarakat bawa minuman dalam bentuk botol air itu sehingga setelah minum simpan jangan dibuang,” tegasnya.

Baca Juga  PSI Bisu, Warganet Pasang Tagar #PSImingkemSoalJiwasraya

“Kemudian tadi saya sudah sampaikan ke pengelolah sini, khusus untuk warung-warung kecil ini supaya mereka siapkan tempat untuk menaruh sampah, supaya nanti kami sudah koordinasi dengan kota untuk mobil sampah itu seminggu sekali untuk membuang sampah sehingga lingkungan ini bisa bersih, kalau lingkungan ini bersih, artinya dia bisa menyebar menyebar ke wilayah desa ke kota dan kita semua sehat,” tandasnya. (valen)