Kodim 1507/Saumlaki gelar apel Danramil-Babinsa

oleh -115 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki menggelar apel Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa), di Aula Makodim 1507/Saumlaki, Sabtu (09/12).

Apel dimaksud dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja para Aparat Komando Kewilayahan (Kowil).

Sedangkan tema yang diangkat pada apel Danramil dan Babinsa tersebut adalah ”Melalui Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Kowil Dalam Rangka Menghadapi Permasalahan di Wilayah Binaan Melalui Pelaksanaan Binter Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI AD Kedepan”.

Dimana, pelaksanaan apel selama 3 hari, terhitung 7-9 Desember 2017, dengan melibatkan 6 orang Danramil dan 62 orang Babinsa.

Rilis berita yang diterima wartawan dari Penerangan Korem (Penrem) 151/Binaiya, Minggu (10/12), menyebutkan bahwa pembukaan apel dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 1507/Saumlaki, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Baca Juga  Update Covid-19 Maluku Utara Capai 95 Kasus, Terbanyak dari Ternate

Kasdim dalam sambutannya menyatakan Aparat Teritorial (Apter), khususnya di daerah Kodim Saumlaki, mempunyai tantangan tersendiri, karena ada beberapa pulau yang merupakan pulau terluar dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus senantiasa dijaga.

Para Danramil dan Babinsa kemudian dibekali dengan berbagai macam materi berupa teori dan praktek.

Diantaranya, materi yang diberikan oleh para Perwira Seksi (Pasi) disesuaikan dengan bidangnya masing-masing, yakni Sikap Teritorial, 5‎ kemampuan Teritorial, 3 metode Pembinaan Teritorial, ‎Upaya Khusus Swasembada Pangan, ‎Netralitas TNI pada Pilkada Serentak tahun 2018, ‎Bhineka Tunggal Ika, ‎Penanggulangan Teroris, ‎Pembuatan pupuk organik Rotan, Roma dan Roter, wawasan kebangsaan, penanggulangan kebakaran dan bencana alam, serta studi kasus.

Sedangkan untuk praktek, para Danramil dan Babinsa diajarkan cara pembuatan pupuk organik.

Baca Juga  Agar Jawa Tak Jadi Musuh Bersama, Pigai Usul Indonesia Jadi Negara Federal

Begitupun para Danramil memaparkan tentang Tipologi wilayah yang ada di daerahnya masing-masing.

Apel Danramil dan Babinsa akan berakhir pada Sabtu sore yang ditutup juga oleh Kasdim 1507/Saumlaki. (Amy)