Kolatfeka: Sejumlah Daerah Di SBT Diterjang Banjir Rob

oleh -48 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sejumlah pulau di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, diterjang banjir rob. Daerah-daerah tersebut yakni Kecamatan Teor, Pulau Watubela, Pulau Kesui, Gorom, Gorom Timur dan Kecamatan Siritaun Wida Timur.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi C DPRD SBT, Costantinus Kolatfeka saat berkunjung di Kantor DPRD Provinsi Maluku, Rabu (16/6/2021).

“Permukaan air laut itu naik dan menggenangi beberapa pulau-pulau kecil di Seram Bagian Timur, sehingga situasi ini membuat resah masyarakat di daerah-daerah tersebut”, ujarnya.

Kolatfeka mengatakan, akibat dari terjangan banjir rob tersebut, terjadi kerusakan pada pemukiman warga yang terletak pada wilayah pesisir.

Menyikapi kejadian tersebut, menurutnya Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, telah mengeluarkan keputusan Bupati SBT Nomor 207 Tahun 2021 tentang penetapan status tanggap darurat bencana di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Baca Juga  PKK Buru Selatan Gelar Rapid Test Gratis di Hari Ibu

Dirinya menuturkan, Komisi C DPRD SBT juga telah melakukan koordinasi secara intensif ke Balai Wilayah Sungai Maluku, dikarenakan Balai memiliki beberapa satua kerja (satker) yang juga menangani wilayah pantai, baik itu Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan juga satker pantai.

“Sebagai bagian dari keberpihakan terhadap masyarakat yang kita wakili, maka sudah tentu saya melakukan langkah-langkah cepat, melakukan koordinasi secara intensif karena secara merata, wilayah yang mengalami kondisi kerusakan akibat banjir rob itu itu ada pada wilayah daerah pemilihan tiga dan daerah pemilihan tiga itu terletak dari Gorom, Gorom Timur, Watubela, Kesui dan Teor”, pungkasnya.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD SBT ini mengatakan, dalam pertemuan dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, pihaknya juga meminta bantuan berupa geobak dan bronjong kurang lebih 2.000 buah untuk menanggulangi secara cepat hal tersebut.

Baca Juga  Jelang Pengumuman Berkas Cakades dan Musrenbang, Komisi I DPRD Kepulauan Sula Menghilang

Dirinya berharap, agar Bupati SBT diikutsertakan dalam kebijakan anggaran sehingga tidak saja secara cepat di tanggulangi dan ditanggap oleh BWS Maluku tetapi pemerintah SBT yang punya wilayah hukum yang mengalami bencana, ini juga punya tanggungjawab moril dan political wiil yang kuat untuk kepentingan kebijakan anggaran, karena menurutnya SBT menjadi bagian dari Kabupaten Kepulauan dan beberapa Kecamatan-Kecamatan itu semua mengalami situasi yang sama. (alena)