Komisi A Gelar RDP Terkait Lahan di Pesisir Kelurahan Manembo-Nembo

oleh -118 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: Komisi A DPRD Kota Bitung menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekcam Matuari, Lurah Manembo – Nembo, perwakilan BPN Kota Bitung dan Pengurus Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kota Bitung, Kamis (6/3).

RDP yang berlangsung di Ruang Rapat DPRD Kota Bitung dipimpin Ketua Komisi A, Yondris Kansil dan didampingi beberapa Anggotanya, Habriyanto Achmad, Benno Mamentu, Hi Yusuf Sultan, Franky Julianto.

Adapun maksud dan tujuan digelarnya RDP tersebut membahas permasalahan lahan yang ada di pesisir pantai Menembo – Nembo, Kecamatan Matuari yang ditempati 39 Kepala Keluarga masyarakat nelayan.

Wakil Ketua JPKP Kota Bitung, Richaed Mamuntu mengatakan, masyarakat dipesisir pantai mendapat intimidasi dari pihak Kelurahan, RT dan oknum salah satu anggota polisi Polres Bitung.

Bukannya pemerintah mencarikan solusi, justru yang muncul hanya berupa penekanan – penekanan agar masyarakat yang tinggal dipesisir pantai keluar dari lahan yang mereka tempati.

Baca Juga  Rintikan Senja

Persoalan lahan tersebut sudah semenjak dari 3 bulan lalu dan masyarakat yang menempati pesisir pantai merasa sangat dihantui dan meminta kepada kami JPKP untuk mendapingi mereka.

Maka dari itu, kami mengajukan hearing RDP dengan Anggota DPRD Kota Bitung, untuk mencarikan solusi yang terbaik karena ini menyangkut hidup orang banyak

Dimana, Program Presiden Republik Indonesia, Hi Jokowi Widodo mengenai rumah nelayan itu seharusnya ditempati nelayan yang aktif bukan ditempati orang – orang yang tidak jelas.

Kalau memamg masyarakat dipesir pantai tersebut dikeluarkan dari tempat ini, sebaiknya mereka ditempati dirumah nelayan yang saat ini fasilitasnya sudah dibangun.

Perlu kami pertegas juga, menyangkut kehidupan sosial seperti ini akan dikawal 4 ormas adat yakni, Waraney Puser Intana, Komando Bela Negara, Waraney Toar Limumuut dan Manguni Minaesaan.

Baca Juga  Kubu ZADI-IMAm Yakin Menang di Tujuh Kecamatan pada Pilkada Kepuluan Sula 2020

Sementara Komis A, Yondris Kansil mendengar semua aspirasi, menutup sidang ini sementara dan akan bicarakan dengan Pemerintah Kota Bitung dalam mencari solusi. (dan)