Komisi II DPRD Maluku Tegaskan Pelanggan Listrik 450/900VA Digratiskan

oleh -1.853 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Salah satu kemudahan yang diberikan pemerintah kepada masayarakat dalam masa penanganan pandemic virus corona (covid-19) yakni kelonggaran pembayaran tagihan jasa penerangan listrik negara.

Karenanya, Komisi II DPRD Provinsi Maluku menindaklanjuti kebijakjan pemerintah ini dengan menghadirkan PT PLN (Persero) Wilayah Maluku-Maluku Utara, Kamis (23/4/2020) kemarin.

Materi hearing yang dibahas yakni kemudaha pembayaran tagihan listrik kepada masyarakat, khususnya pelanggan yang menggunakan daya 400-900 VA.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan usai hearing dimaksud, Ketua Komisi II DPRD Maluku, Santi Thethol, menjelaskan bahwa pihak PLN sudah melakukan separasi data kepada pelanggan daya 900VA.

Dimana, pelanggan yang memiliki kemampuan ekonomi yang baik akan dilihat subsidinya, sementara pelanggan yang tidak mampu akan disubsidi sampai 50%.

Baca Juga  Buka Konfercab NU Malra, Bupati Harap Nilai Patriotisme dan Kepeloporan Diwariskan Ke Generasi Milenial

Dalam separasi atau pemberian kode pelanggan ini, akunya, pihak PLN bekerjasama dengan pihak Dinas Sosial setempat.

”Bagi pelangan listrik 900VA itu sudah mempunyai kode. Bagi mereka yang kemampuan dilihat subsidinya, sedangkan bagi pelanggan 900VA yang tidak mampu, itu disubsidi hingga dipotong 50%. Itu pun kode yang mereka dapatkan adalah kerjasama pelanggan PLN dengan Dinas Sosial yang datanya diambil oleh Kepala Desa, Raja, Kepala Dusun atau Kelurahan, sehingga data itu data sharing, bukan data yang dibuat oleh pihak PLN itu sendiri,” ujarnya.

Tentang realisasi kebijakan melonggarkan pembayaran tagihan listrik ini, terangnya, pihak PLN menjelaskan bahwa sudah melakukan sosialisasi dimaksud ke tingkat desa dan kelurahan maupun dusun.

Baca Juga  Kades Kawa Terharu Sambut Ibu Widya

”Dan sekarang sudah berjalan di Maluku. Tetapi ternyata di beberapa desa belum mengetahui itu. Negeri Lama, Nania Kelurahan Karang Panjang, data itu masuk, tapi sesuai dengan laporan PLN. Mereka sudah menjalankan sosialisasi melalui brosur-brosur. Dimana, PLN sudah menempelkannya di beberapa tempat umun untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa pelanggan daya 450VA itu adalah gratis,” singkatnya. (liehu)