Komisi IV Bahas Kualitas Pendidikan dan Embarkasi Antara Dengan Kanwil Kemenag Maluku

oleh -35 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bukan hanya sarana dan prasarana pendidikan yang menjadi atensi Komisi IV DPRD Maluku, namun masalah embarkasi antara pun turut dilirknya dalam pertemuan dengan mitra kerjanya, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.
Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary,SH, di ruang kerjanya, Kamis (30/7/2020).

”Komisi IV DPRD Provinsi Maluku dan Kanwil Agama Provinsi Maluku fokus membahas dua agenda. Yakni, masalah sarana prasarana mutu kualitas pendidikan yang dibawahi Kementrian Depertemen Agama seperti Sekolah Madrasah Alliyah dan Embarkasi Antara. Walaupun aliran swasta, tetapi mereka juga masyarakat Maluku, maka DPRD Maluku juga penting untuk melihat dan memecahkan masalah. Sehingga apa yang dilakukan oleh DPRD Promal melalui APBD Provinsi kira-kira mana yang bisa dibantu,” ujarnya.

Baca Juga  PD Panca Karya Bangkrut, Moenandar akui sudah lapor Gubernur

Khusus masalah tenaga pengajar atau guru yang harus ditilik bersama, akunya, pihaknya akan turut melibatkan mitra terkait lainnya yakni Dinas Pendidikan Provinsi Maluku.

”Terkait dengan persoalan guru, Komisi IV nanti akan lakukan kunjungan kerja khusus bersama Dinas Pendidikan Maluku, supaya bersama-sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Agama menformat kerjasama, sehingga alokasi Guru Kontrak yang disediakan, ada sebagian didistribusi untuk sekolah-sekolah seperti di Madrasah Alwiyah,” jelasnya.

Link Banner

Begitu pun dengan sarana dan prasarana pendidikan yang ada, tegasnya, pihaknya mencoba komunikasikan secara politik dengan pihak Kanwil Kementrian Agama.
Sementara untuk masalah Embarkasi Antara, terangnya, pihaknya mencoba untuk membantu pihak Kanwil Agama Maluku memenuhi syarat yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga  Dihajar Corona, Matahari Department Store KO

”Supaya di tahun depan pada saat pengiriman Jemah Haji, tidak lagi ke Makassar. Tapi semua sudah dipusatkan ke Embarkasi Antara Ambon ini. Dan tadi kurang lebih dua kekurangan, infrstruktur jalan, Komisi IV DPRD Maluku akan koordinasi dengan Komisi III supaya bisa panggil dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku, untuk membicarakan hingga diselesaikan. Sehingga, pembentukan UPTD dan itu sudah bisa ditetapkan sebagai Embarkasi Antara,” pungkasnya. (liehu)