Kondisi Walikota Ambon Semakin Membaik

oleh -92 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pasca isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr.J. Leimena sejak 27 Juli 2021 lalu karena terpapar Covid-19, kondisi Walikota Ambon Richard Louhenapessy semakin membaik.

Direktur utama RSUP Dr J.Leimena, Dr Celestinus Munthe kepada awak media, mengatakan, terus membaiknya kondisi Wali Kota Ambon lantaran, didalam ruangan isolasi yang sama ada pula isteri dan anaknya. Itu hal positif, karena saling dukung dan memberi semangat.

“Kondisi beliau sudah semakin membaik. Demikian juga isteri dan anaknya. Mereka satu ruangan bertiga, kondisinya terus membaik,” tandas Munthe via telepon seluler, Senin (3/8/2021).

Dikatakan juga, sesuai aturan revisi kelima penatalaksaan Covid-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), walau sebelumnya ada gejala, tapi Walikota akan menjalani isolasi di RSUP Leimena selama 10 hari.

Nanti setelah 10 hari, tambahnya gejala hilang atau bebas gejala Covid-19, maka Walikota sudah layak dinyatakan sembuh kembali tanpa perlu dilakukan PCR atau Swab Antigen.

Baca Juga  Mumpung Masih Gratis, Walikota Ajak Warga Ambon Segera Vaksinasi Covid-19

“Setelah 10 hari bebas gejala, maka dinyatakan sembuh. Hal itu berlaku untuk semua, tak hanya beliau. Hingga saat ini Walikota dirawat hampir seminggu, 6 hari. Masih tersisa 4 hari lagi baru bisa,” jelasnya.

Direktur juga mengaku, Walikota baru melakukan PCR 1x yang hasilnya positif. Jika sebelumnya, hari ke-10 baru lakukan Swab Antigen, tapi saat ini tidak lagi dilakukan sesuai revisi kelima Kemenkes untuk penatalaksanaan Covid-19.

“Sesuai hasil revisi aturan Kemenkes itu, kita tidak lagi tergantung pada hasil PCR. Tetapi 10 hari setelah lepas dari gejala maka dinyatakan sembuh,” tegasnya.

Bahkan, sambung Munthe, Walikota dan pasien lainnya tidak perlu lagi melakukan isolasi mandiri di rumah, karena sudah sembuh maka bisa kembali beraktifitas.

Baca Juga  Fraksi PDI-P DPRD Maluku Minta Oknum TNI-AL yang Terlibat Kekerasan Terhadap Warga Negeri Latta Ditindak Tegas

Mengenai berapa jumlah pasien Covid-19 kategori pejabat daerah yang isolasi di RSUP Leimena, selain Walikota Ambon dan juga sebelumnya ada almarhum Bupati SBB Yasin Payapo, Munthe mengaku, tidak ada pemilahan pasien karena semua sama.

“Tidak ada kategori/pemilahan pasien. Semua sama, pasien Covid-19. Tapi untuk jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUP Leimena sampai hari ini secara keseluruhan ada 33 pasien,” ulasnya.

Seringkali menyangkut penyakit itu tambah Munthe, sifatnya privasi dan tidak bisa pihak RS untuk menyampaikan secara bebas siapa saja yang dirawat disini. Kecuali pihak masyarakat sudah mengetahui dari luar.

“Juga sudah ada permintaan dari instansi atau pasien yang bersangkutan, baru kita bisa menyampaikan. Tapi kalau tidak ada, yah kami minta maaf tetap harus menjaga privasi pasien,” pungkasnya.

Baca Juga  Pangdam Pattimura Imbau Masjid Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Sedangkan Juru bicara (jubir) Satgas Covid19 Kota Ambon, Joy Andriaansz juga mengatakan hal serupa, “Beliau semakin membaik, sudah tidak ada gejala lagi, jika kondisi ini semakin membaik maka tiga hari kedepan Beliau sudah bisa keluar Rumah Sakit melakukan aktivitas,” tutup Andriaansz. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.