Konsisten di Jalurnya, Nasida Ria Rilis Album Ke-36

oleh -23 views
Link Banner

Porostimur.com | Semarang: “Begini dosa, begitu dosa Dimana-mana orang berdosa Begini dosa, begitu dosa Dimana-mana orang berdosa”.

Itulah sepenggal lirik lagu yang bejudul “Dimana Mana Dosa” yang dibawakan oleh kelompok musik Nasida Ria di era tahun 1990an. Selain lagu tersebut lagu Perdamaian, Kota Santri dan Jilbab Putih tak kalah terkenal pada eranya.

Bertahan dalam pangsa pasar dan konsisten dengan konsep yang dibawa sejak awal. Inilah yang membuat grup Nasida Ria masih mampu eksis dan bertahan hingga sekarang di tengah himpitan  industri musik secara global.

Grup kasidah legendaris yang awalnya beraliran gambus  ini seolah menjadi pelopor musik kasidah modern pertama dan salah satu yang tertua di Indonesia. Dibentuk pada 1975 silam di Kampung Kauaman Mustaram, mereka masih mampu dalam menjaga  eksistensinya

Link Banner

Selama berkiprah dalam Industri musik tanah air, ratusan  lagu pernah mereka nyanyikan, bahkan lagu ciptaannya sempat menghiasi radio, televisi, acara pengajian,  hingga pengeras suara hajatan pernikahan di seluruh pelosok kampung di Indonesia dari era 1980 hingga 1990-an.

Baca Juga  Check in di penginapan, MD ditemukan meninggal

Saat ini Nasida Ria sendiri sudah menginjakkan usia yang ke-45 tahun dengan jumlah karya lagu mencapai 500 lebih.  Dipenghujung tahun 2020 mereka ini melahirkan album baru yang ke-36.

“Formasi sempat pindah beberapa kali. Kami selalu menjaga kerukunan, bermusyawarah, jalin komunikasi. Itu yang membuat kami selalu kompak,” kata salah satu personel Nasida Ria, Rien Jamain seusai peluncuran album baru di Semarang, Sabtu (19/9/20) malam.

Ciri khas mereka tidak berubah.  Semua personelnya perempuan. Grup ini juga tetap konsisten membawa konsep lagu islami dengan misi menyampaikan dakwah.

Era sekarang, popularitas grup ini bisa dilihat dari viewer lagu mereka di sejumlah akun youtube. Jumlah pengguna yang mengakses dan melihat tayangan lagu-lagu mereka mencapai 8 juta lebih.

Nasida Ria yang sekarang merupakan generasi ketiga. Generasi pertama dan kedua telah digantikan posisinya karena terkendala usia.

Baca Juga  KAMMI Kota Ambon serukan suksesi Pesparani Nasional I

“Kami memang mencari regenerasi, termasuk terbuka membuka pendaftaran untuk mencari bakat dan talenta baru. Ada sebagian dari kami yang memang masih keluarga atau kerabat. Tujuan kami tentu ingin berdakwah lewat seni,” imbuhnya.

Tak hanya manggung di berbagai daerah di Indonesia. Grup ini juga acapkali diundang dalam acara penting oleh pihak Kedubes Indonesia di Hongkong, Malaysia hingga negara eropa seperti Jerman.

Adapun dalam album barunya ini, mereka masih mengusung dengan konsep dan visi sama, namun  aransemen musik yang dibawakan agak berbeda atau lebih kekinian. Perubahan warna musik ini diharapkan untuk merangkul anak muda agar tertarik menikmati karya-karyanya.

Terdapat tujuh lagu yang dibawakan dalam album yang ke-36 ini. Dari tujuh lagu, tiga di antaranya dibawakan oleh Ezzura, anak grup atau regenerasi dari Nasida Ria.

Sedangkan video klip yang sudah diluncurkan bersamaan dengan album ini yaitu lagu berjudul “Kebaikan Tanpa Sekat” oleh Nasida Ria dan “Sosmed” oleh Ezzura.

Baca Juga  Senja: Indah atau Luka?

Rencananya album ini juga resmi diluncurkan di platform digital seperti Youtube, Joox, Spotify dan sejenisnya melalui label milik Nasida Ria sendiri, yakni Nasida Ria Entertainment. Selain itu, juga tersedia dalam set boks eksklusif, yang akan mulai dijual resmi pada 1 Oktober 2020.

Iniilah komposisi Personil Nasida RIa dalam rilis album ke-36 :

1. Hj. Afuwah – Vokalis – Generasi 2
2. Hj. Rien Jamain – Tamborin – Generasi 1
3. Hj. Hamidah – Suling – Generasi 2
4. Hj. Nurhayati – Biola – Generasi 2
5. Hj. Nadhiroh – Biola – Generasi 2
6. Hj. Nurjanah – Mandolin – Generasi 2
7. Thowiyah – Kendang – Generasi 3
8. Shofiyatun – Lead Keyboard – Generasi 3
9. Siti Romnah – Keyboard – Generasi 3
10. Uswatun Hasanah – Bass – Generasi 3
11. Titik Mukaromah – Gitar – Generasi 3.

(red/rmol)