Kontroversi Belanda Vs Prancis, Gol Xavi Simons Seharusnya Sah

oleh -456 views
Gol Xavi Simons dianulir wasit, menggagalkan kemenangan Belanda atas Prancis. (Foto: AP/Antonio Calanni)

Porostimur.com, Leipzig – Belanda gagal meraih kemenangan, usai gol Xavi Simons dibatalkan wasit. Keputusan ofisial menganulir gol itu mengundang kritik.

Belanda menghadapi Prancis di Leipzig Stadium, Sabtu (22/6/2024) dini hari, pada lanjutan Euro 2024. Pertandingan berjalan ketat dan alot sejak sepak mula, dengan kedua tim sama-sama punya peluang untuk meraup tiga poin.

Tapi Belanda sempat jadi kubu yang benar-benar mencetak gol, sementara Prancis membuang sejumlah peluang. Xavi Simons mengoyak gawang Prancis yang dijaga Mike Maignan pada menit ke-70.

Akan tetapi gol itu dibatalkan karena offside. Denzel Dumfries yang berdiri di dekat jalur bola dianggap menganggu kiper.

Keputusan ini memicu perdebatan. Pertama, Dumfries tak terlihat menutupi jalur pandangan Maignan. Lalu kedua, Maignan diragukan mampu menjangkau bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawangnya.

Baca Juga  Lapas Perempuan Ambon Sosialisasi Ketentuan Batas Barang Bawaan Kepada WBP

“Saya rasa Prancis sangat beruntung di sini. Ketika melihat sudut di belakang gawang, kipernya tak bisa menjatuhkan diri untuk bola itu dengan posisi badannya saat itu,” kata penyerang legendaris Inggris Alan Shearer di BBC.

“Tidak mungkin sih itu dibatalkan. Saya rasa itu adalah gol dan bikin frustrasi saja lamanya pengambilan keputusannya,” imbuh eks striker lainnya, Wayne Rooney.

No More Posts Available.

No more pages to load.