KPK Cecar Ketua DPD Gerindra Maluku Utara soal Perizinan Tambang

oleh -250 views
Ketua DPD Partai Gerindra Maluku Utara, Muhaimin Syarif (kiri) berjalan menuju ruangan untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Jumat (5/1/2024). Penyidik KPK memeriksa Muhaimin Syarif sebagai saksi untuk tersangka Gubernur Maluku Utara (nonaktif) Abdul Gani Kasuba, dalam kasus dugaan menerima suap, terkait pengerjaan pembangunan Infrastruktur serta pengadaan barang dan jasa di Provinsi Maluku Utara. ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.

Porostimur.com, Jakarta – Ketua DPD Partai Gerindra Maluku Utara (Malut) Muhaimin Syarif diselisik soal dugaan penerimaan uang Gubernur nonaktif Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK). Selain itu, Muhaimin juga dicecar soal pengurusan perizinan tambang.

Muhaimin dicecar demikian saat diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan perkara dugaan suap pengadaan dan perizinan proyek di Pemprov Maluku Utara yang menjerat Abdul Gani Kasuba pada Jumat, 5 Januari 2024.

“Muhaimin Syarif (swasta), saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dugaan penerimaan uang dari tersangka AGK. Termasuk dikonfirmasi adanya peran dari orang kepercayaan Tersangka AGK untuk mengurus perizinan tambang yang ada di wilayah Maluku Utara,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (8/1/2024).

Baca Juga  Bupati Halsel Resmikan Masjid dan Jembatan Bantuan Harita Nickel di Desa Soligi

KPK sempat menggeledah kediaman Ketua DPD Partai Gerindra Maluku Utara (Malut) Muhaimin Syarif pada Kamis, 4 Januari 2023. Penggeledahan berkaitan dengan penyidikan dugaan suap pengadaan dan perizinan proyek di Pemprov Maluku Utara.

“Kamis (4/1) telah dilakukan penggeledahan di wilayah Pagedangan, Tangerang (kediaman Muhaimin Syarif),” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (5/1/2023).

Dari penggeledahan itu, tim penyidik lembaga antirasuah menemukan berbagai bukti yang diduga berkaitan dengan kasus yang tengah diusut KPK. Beberapa bukti itu di antaranya berupa dokumen dan alat elektronik.

“Pada lokasi dimaksud, ditemukan dan diamankan antara lain berbagai dokumen termasuk alat eletronik yang diduga nantinya dapat menjelaskan perbuatan dari para tersangka,” kata Ali.

“Penyitaan berikut analisis atas temuan bukti tersebut juga segera dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan,” pungkasnya. (red)

Baca Juga  Pemkot Gelar Silaturahmi dan Dialog Bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.