KPK Duga Sejumlah Perusahaan Tambang di Maluku Utara Suap AGK untuk Dapatkan IUP

oleh -131 views

Porostimur.com, Jakarta – KPK menelusuri dugaan keterlibatan perusahaan, terkait kasus Gubernur Maluku Utara (Malut) nonaktif Abdul Gani Kasuba (AGK). Perusahaan ini diduga sebagai pemberi suap untuk mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Penyidik KPK sedang mengumpulkan informasi dan data terkait dugaan suap korporasi tersebut. “Sekarang kami dalami,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, (Rabu (21/2/2024).

Dugaan pemberian suap terkait penerbitan IUP ini terbongkar dalam proses penyidikan yang menjerat sejumlah pihak. Termasuk AGK dan Direktur Ekseternal PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL), anak usaha Harita Group, Stevi Thomas (ST).

Ali menekankan, KPK tercatat pernah menjerat korporasi sebagai tersangka. Sebagian besar pemidanaan korporasi itu merupakan pengembangan kasus yang ditangani.

Link Banner

“Banyak contoh yang sudah diputus oleh pengadilan yang ditangani oleh KPK. Kemudian hakim sepakat sebagai subjek pelaku korupsinya adalah korporasi,” ujarnya.

Baca Juga  Terjebak Kebakaran, Nenek Pemilik Rumah di Kebun Cengkeh Ambon Meninggal Dunia

KPK mengantongi informasi dan data dugaan sejumlah perusahaan menyuap AGK terkait izin pertambangan. Berdasarkan informasi dan data yang telah dikantongi, KPK membenarkan perbuatan rasuah sejumlah perusahaan untuk mendapatkan IUP tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.