KPK Tegaskan Bakal Tuntaskan Kasus Suap di Maluku Utara

oleh -41 views

Porostimur.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memeriksa sejumlah saksi guna menuntaskan kasus dugaan penerimaan suap dalam pengadaan dan perizinan proyek di Maluku Utara. 

“Pemeriksaan para pihak sebagai saksi, termasuk para tersangka untuk saling menjadi saksi masih terus berlanjut,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangannya, Kamis (25/1/2024).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu belum bisa memerinci identitas pihak yang akan dipanggil penyidik. Namun, informasi yang diulik dipastikan berkaitan dengan aliran dana.

“(Pemeriksaan saksi) dalam rangka mendalami peran dari tersangka AGK (Gubernur nonaktif Maluku Utara Abdul Gani Kasuba) dan kawan-kawan (dalam) menerima aliran uang suap dari berbagai proyek di Pemprov Malut,” ujar Ali.

Saksi-saksi yang telah diperiksa pada Rabu (24/1) kemarin, yakni Hasyim Daeng Barang selaku Direktur Hilirisasi Bidang Mineral dan Batubara Kementerian Investasi/BKPM, Rizal selaku PNS Dinas PUPR Pemprov Malut, dan Ferdinand Siagian selaku Kepala seksi keterpaduan pembangunan infrastruktur jalan Pemprov Malut.

“Ketiga saksi penuhi panggilan tim penyidik dan dikonfirmasi antara lain pengurusan dalam perizinan dan tata ruang di Pemprov Maluku Utara, termasuk dugaan adanya pesan dan pengaruh khusus dari tersangka AGK selaku Gubernur,” terang Ali.

Sementara itu, seorang saksi lainnya, yakni Fitra Madjid selaku PNS Dinas PUPR Pemprov Malut tidak hadir dan akan dijadwalkan ulang.

“Selain itu, kemarin juga dilakukan pemeriksaan tersangka AGK dalam kapasitasnya sebagai saksi, dan dikonfirmasi antara lain kaitan dugaan adanya setoran sejumlah uang yang diterima saksi selaku Gubernur dari tersangka KW,” pungkas Ali. (red)

Baca Juga  Pilu! Bayi Kembar Palestina Lahir-Meninggal Saat Perang di Gaza

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.