PM Polandia, Ceko, dan Slovenia Kunjugi Kiev, Zelensky Berkeluh Tembakan Rusia di Mana-mana

oleh -68 views
Link Banner

Porostimur.com, Kiev – Perdana Menteri (PM) Polandia, Ceko, dan Slovenia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv pada Selasa (15/3/2022).

Ini merupakan kunjungan pertama para pemimpin negara asing ke Ibu Kota Ukraina yang terkepung sejak invasi Rusia.

Para Perdana Menteri itu datang dengan kereta api.

Dalam ruang pertemuan di Ibu Kota Kyiv, mereka duduk mengelilingi meja dengan ditemani PM Ukraina Denis Shmyhal dan Presiden Ukraina, yang kemudian memberikan rincian tentang situasi di Ukraina.

“Mereka (Rusia) melakukan penembakan di mana-mana. Tidak hanya Kyiv, tetapi juga wilayah barat,” kata Zelensky kepada mereka, terlihat dalam sebuah video yang diposting di akun Telegramnya, dikutip dari AFP.

Sementara itu, PM Polandia Mateusz Morawiecki menyampaikan seruan untuk penghentian segera invasi Rusia ke Ukraina.

Baca Juga  Slarmanat: Revitalisasi Pasar Mardika untuk Kepentingan Semua Masyarakat

“Kita harus menghentikan tragedi yang terjadi di Timur secepat mungkin,” kata Morawiecki dalam sebuah posting di Facebook yang mengumumkan kedatangan mereka.

Dia menyebut, Ukraina mendapat “dukungan tegas” dari Uni Eropa.

Shmyhal sebelumnya mengonfirmasi kedatangan mereka di sebuah posting di Twitter, memberi hormat atas “keberanian teman sejati Ukraina”.

Dia mengatakan pembicaraan mereka akan fokus pada dukungan untuk Ukraina dan penguatan sanksi terhadap agresi Rusia.

Berdasarkan pernyataan awal dari Pemerintah Polandia, Morawiecki, PM Ceko Petr Fiala, dan PM Slovenia Janez Jansa berkunjung sebagai “perwakilan” Uni Eropa.

Kunjungan itu dilakukan ketika Rusia menyerang sasaran di seluruh Ukraina termasuk Kyiv, yang hampir dikepung oleh pasukan Moskwa, dan ketika Rusia dan Ukraina akan melanjutkan pembicaraan untuk mengakhiri perang yang hampir tiga minggu itu.

Baca Juga  Wakil Rakyat Partai NasDem Buru, Roby Nurlatu Kunjungi Desa Kelahiran

“Dalam masa-masa genting bagi dunia, adalah tugas kita untuk berada di tempat di mana sejarah dibuat,” kata Morawiecki dalam sebuah posting Facebook pada Selasa pagi waktu setempat.

“Karena ini bukan tentang kita, ini tentang masa depan anak-anak kita yang layak hidup di dunia yang bebas dari tirani,” tambah dia.

Pernyataan Pemerintah Polandia mengatakan bahwa kunjungan itu telah diatur dalam kesepakatan dengan ketua Dewan Eropa Charles Michel dan presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

“Tujuan kunjungan adalah untuk mengonfirmasi dukungan tegas dari seluruh Uni Eropa untuk kedaulatan dan kemerdekaan Ukraina dan untuk menyajikan paket dukungan yang luas untuk negara dan masyarakat Ukraina,” kata pernyataan itu.

Baca Juga  Kisah Bojes, Penjual Kopi di Landmark Ternate

Ketiganya didampingi oleh Jaroslaw Kaczynski, pemimpin Partai Hukum dan Keadilan (PiS) sayap kanan Polandia.

(red/kompas.com)