KPU Maluku Utara Tegaskan Jumlah Peserta Kampanye Maksimal 100 Orang

oleh -27 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) tegas membatasi massa kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di delapan kabupaten/kota, Desember mendatang.

Anggota KPU Maluku Utara, Buchari Mahmud mengakui tahapan kampanye di masa pandemi cukup rawan bagi terjadi penyebaran Covid-19, sehingga perlu adanya pembatasan jumlah massa yang ikut dalam kampanye nantinya.

“Jumlah massa pada kampanye dibatasi baik dalam rapat tertutup maupun terbuka hanya 100 orang, tidak boleh lebih. Harus patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.” tegasnya.

Pembatasan massa tersebut mengacu pada Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan  atas  PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil  Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak dalam kondisi pandemi COVID -19.

Link Banner

Buchari menyampaikan agar semua peserta, bapaslon termasuk partai politik (parpol) yang mendukung dan mengusung, dapat mentaati PKPU tersebut. 

Baca Juga  Hujan deras pohon tumbang di Hative Besar, 1 orang luka

“Hal yang menjadi penekanan, yakni penerapan protokol kesehatan dan pengumpulan massa saat tahapan kampanye harus dibatasi. Jika nantinya ditemukan ada yang melanggar sanksinya pembubaran” tukasnya.

Sekedar diketahui jadwal  penetapan bakal calon akan dilaksanakan 23 September dan pengundian nomor urut pada hari berikutnya 24 September. Sedangkan untuk kampanye mulai 26 September hingga 5 Desember.

“Biasanya dalam proses tahapan nanti ada tim pendukung dan arak arakan massa. Nah, ini kami meminta agar bakal calon juga ikut menghimbau tim-nya untuk menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan massa Kampanye.” katanya. (red/si)