Kucurkan Rp11,1 Triliun Pemerintah Cairkan Gaji Ke-13

oleh -49 views
Link Banner

@porostomur.com | Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemkeu) hari ini, Selasa (2/7), resmi mencairkan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri, serta pensiunan. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemkeu Nufransa Wira Sakti mengonfirmasi hal tersebut.

“Iya, benar (sudah dicairkan hari ini),” ujarnya dikutip poroatimur.com dari laman Kontan.co.id, Selasa (2/7).

Gaji ke 13 itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016.

Peraturan Pemerintah tersebut memuat tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Penerima gaji ke-13 meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan dengan besaran yang sesuai dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Baca Juga  Denzel Dumfries: Belanda Seperti Merangkai Dongeng di Euro 2020

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bisa segera menerima gaji ke-13 mereka jika dalam proses pencairan tidak ada kendala dan sesuai dengan apa yang telah dijadwalkan.

Pemerintah tahun ini telah menganggarkan dana sebesar Rp40 triliun untuk dan gaji ke-13 . Alokasinya sebesar Rp20 triliun digunakan untuk membayar di bulan Mei 2019 lalu dan Rp20 triliun untuk penyaluran gaji ke-13 bulan ini. (red)