Kumpulkan Batu di Laut, Satgas Pra TMMD Desa Kokotu Siap Bangun Breakwater

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Pemandangan pagi dan sore hari terlihat warga desa dan tim Satgas berduyun duyun membawa batu untuk dikumpulkan terlebih dahulu dan tim Satgas pun sudah menyiapkan beberapa opsi pengerjaan breakwater (pemecah gelombang) Desa Kokotu.

Desa Kokotu terletak di ujung kecamatan Bacan Barat dan masih masuk wilayah administrasi Kecamatan Bacan Barat, serta juga masuk dalam daftar TMMD 112 Kodim 1509/Labuha,

Dengan beberapa sasaran pengerjaan fisik, seperti 3 (tiga) jalan setapak, dan breakwater. Breakwater pun mulai dikerjakan oleh tim Satgas Pra TMMD 112 dan warga desa, Jumat (10/9/2021).

Breakwater dibangun untuk mengurangi abrasi pantai atau pengikisan tanah maupun pasir pantai yang biasanya mengerus secara perlahan-lahan dan mengikis tanah sehingga tanah dipermukaan akan habis. Dengan adanya breakwater atau pecah gelombang bisa minimalisir pengikisan tanah dan pasir pantai,

Dan memberikan rasa aman saat cuaca buruk seperti badai dan gelombang tinggi. Yang biasa merusak perahu, maupun bangunan yang di pesisir pantai.

Baca Juga  Langgar Kesepakatan, Aktifitas NHM Diboikot Masyarakat Lingkar Tambang, Polisi Diduga Aniaya Sejumlah Demonstran

Ketua Tim Satgas TMMD 112 Desa Kokotu, Sertu Wem mengatakan kepada awak media, pengerjaan pemecah gelombang atau dengan bahas kerennya breakwater.

“Kami dari tim Satgas dan Pemerintah Desa Kokotu telah berkolaborasi bersama dalam pengerjaan beberapa sasaran fisik tetapi kami memprioritaskan pengerjaan fisik pada breakwater,” kata Wem.

Dia menambahkan, warga desa pun telah dibagi dalam beberapa tim untuk mengerjakan beberapa sasaran fisik, tetapi tim terbesar sementara dikerahkan di pengerjaan breakwater.

“Pengerjaan breakwater membutuhkan waktu yang panjang dan cuaca pun akhir-akhir ini terus memburuk, sehingga pengerjaan pun kami genjot,” ucap Sertu Wem. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.