Kunjungan Kerja ke Kota Ambon, Dhia Natalisa Sebut Kemenpan-RB Akan Dukung Pemkot Ambon Punya MPP

oleh -44 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Ambon, Maluku, Selasa (25/8/20). 

Pada kunjungan itu, Diah menekankan agar Kota Ambon memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP), sejalan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan setiap daerah membangun MPP untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat.

Disela-sela kunjungan ini, Diah menyempatkan meninjau Polda Maluku serta Polresta Ambon dan PP Lease, untuk mengoordinasikan upaya perbaikan pelayanan publik di wilayah Polda Maluku.

Kunjungan itu dihadiri pula oleh Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy beserta pimpinan perangkat daerah terkait, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar beserta jajaran, Kapolresta Ambon dan PP Lease AKBP Leo Surya Nugraha.

Dalam kunjungan tersebut, Dhia Natalisa mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam peningkatkan pelayanan publik.

Baca Juga  Polres Saumlaki Gelar Acara Pisah Sambut

Dhia Natalisa mengatakan, Kemenpan-RB merupakan instansi pembinaan pelayanan publik nasional yang tugasnya merumuskan kebijakan publik, melakukan koordinasi untuk implementasi kebijakan tersebut dan juga melakukan evaluasi pelayanan publik.

“Nah, bersama Pak Walikota, tadi kita telah berdiskusi soal kebijakan terkini yang perlu dikoordinasikan, salah satunya apakah Pemkota akan implementasi kan konsep Mall Pelayanan publik di Kota Ambon ini,” ujar Dhia.

Ia mengaku telah mendengar bahwa Kota Ambon tengah mempersiapkan hal tersebut, tinggal bagaimana dikoordinasikan dengan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Maluku.

Pihaknya mengapresiasi Pemkot Ambon atas award yang diraih pada 2019 yang merupakan salah satu top inovator pada tahun kemarin yakni inovasi Ambon City Of Music.

“Kami senang, ternyata sudah ada rencana tindaklanjut strategis dari inovasi itu dan tidak berhenti sampai menjadi pemenang, tapi sudah dielaborasi dengan banyak pihak agar tetap berlanjut,” terangnya.

Baca Juga  Peduli Kemanusiaan Ditengah COVID-19, DKP Malut Bersama PPN Ternate Bagikan Sembako

Kata Dhia, Walikota juga terus berupaya memberikan  dukungan untuk jajarannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Ambon. “Ada beberapa terobosan juga yang telah dilakukan, termasuk launching beberapa kegiatan hingga ke tingkat desa/kelurahan dan negeri untuk mendukung program tersebut,” jelasnya.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menambahkan, kedatangan Deputi pelayanan publik Kemenpan-RB itu untuk mengevaluasi pelayanan publik di Kota Ambon, terutama di era pandemik Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Ambon termasuk salah satu daerah dengan tingkat pelayanan publik yang telah mendapat poin B dari Pemerintah Pusat.

“Deputi pelayanan publik berharap, Ambon bisa menjadi rol model untuk Maluku dengan dua sampel, yakni Dinas Penanaman Modal dan Dinas Catatan Sipil,” ujar Richard.

Baca Juga  Walikota Wajib Jeli Berikan Ijin Kepada Indomaret dan Alfamart

Kemenpan juga berharap agar Pemkot Ambon harus mempunyai Mall pelayanan publik. “Nah ini yang akan saya minta dukungan dari Gubernur Maluku untuk mewujudkannya,” tandasnya. (red/bs)