Kunjungi Ambon, Wamen Bilang Semua Tanah Harus Dimanfaatkan Bagi Kesejahteraan Masyarakat

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Wakil Menteri (Wamen) Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra, melakukan kunjungan kerja untuk memantau pelaksanaan Program Reforma Agraria di Dusun Seri – Negeri Urimesing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (19/2/2021).

Dalam sambutannya, Surya mengatakan, Reforma Agraria adalah program penataan aset, melalui pemilikan, pengelolaan dan pemanfaatan tanah, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini telah menjadi program strategis nasional yang didukung oleh semua kementerian.

Surya bilang, saat ini telah terjadi perubahan paradigma dalam pelayanan Kementerian ATR/BPN kepada masyarakat.

BPN, ungkapnya, tidak lagi hanya menerbitkan sertifikat tanah saja tetapi juga harus memikirkan apakah aset tanah tersebut dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat atau tidak.

Link Banner

“Kami semua di Kementerian ATR/BPN harus harus memikirkan apa yang terjadi setelah masyarakat diberikan sertifikat, apakah aset tersebut dimanfaatkan dan membawa kesejahteraan oleh masyarakat atau tidak,” ungkapnya.

Baca Juga  Mendagri Singgung Soal Dinas Luar Negeri, Anies Bilang Begini

Di hadapan masyarakat dusun Seri yang sebagian besar nelayan, Wamen menjelaskan bahwa tanah dan laut itu adalah karunia Tuhan yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara efektif, agar mendatangkan kesejahteraan bagi semua. Pengelolaan yang efektif ini menjadi tugas kementerian yang dipimpinnya.

“Tanah dan laut adalah karunia Tuhan, sehingga tidak boleh ada yang menguasai tanpa peduli orang lain, itu harus dikelola dan manfaatkan dengan efektif, Kementerian ATR/BPN harus menjamin bagaimana ruang yang terbatas itu memang betul – betul dimanfaatkan secara optimal,” kata Wamen.

Wamen berharap melalui program Reforma Agraria ini, seluruh aset tanah yang dimiliki masyarakat kota ini dapat memberikan manfaat dengan kepada masyarakat. Untuk itu Kementerian ATR/BPN lewat Kantor Pertanahan Kota Ambon telah menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang akses keuangan dengan memanfaatkan sertifikat tanah yang dimiliki.

Baca Juga  Danrem 152/Babullah Gelar Coffee Morning dengan Wartawan Malut

“Harapan kami dapat melayani semua masyarakat kota Ambon dengan baik, oleh sebab itu kami mohon dukungan dan masukan dari semua pihak,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler, dalam sambutan selamat datang, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Wamen ATR/BPN ke Kota Ambon. Dijelaskan Wawali, Kota Ambon adalah kota kecil yang terus berkembang, sehingga tata ruang di kota ini harus dikelola secara baik.

Kunjungan Kerja Wamen Kementerian ATR/BPN, Surya Tjandra di dusun Seri, diterima langsung oleh Wakil Walikota (Wawali) Syarif Hadler, didampingi Kakanwil Kementerian ATR/BPN Maluku, Toto Sutantono, Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon, Adolf Aponno, Kepala OJK Maluku, bersama sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkup pemerintah Kota Ambon. (alena)