Lagi, Dharma Indah siapkan 1 unit kapal cepat layani Ambon-Saumlaki

oleh -324 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Guna memperpendek masalah rentang kendali antara Pulau Ambon dan Maluku Tenggara Barat (MTB), PT Pelayaran Dharma Indah meluncurkan dan meresmikan 1 unit kapal cepat dengan rute Ambon-Saumlaki, Sabtu (28/4).

Dengan adanya layanan transportasi laut ini, diharapkan mampu memperpendek kendala jarak maupun mampu membuka simpul perekonomian baru antara masyarakat di Pulau Ambon dan Pulau Saumlaki.

Bukan hanya itu, meskipun baru 1 unit kapal cepat yang dipersiapkan melayani kebutuhan transportasi laut bagi masyarakat, namun kedepannya sangat memungkinkan perusahaan dimaksud menjajal dan membuka simpul perhubungan antar pulau lainnya di MTB dengan Pulau Ambon.

Hal ini ditegaskan Kepala PT. Pelayaran Dharma Indah, Johny De Quelju, di sela-sela peluncuran dan peresmian KM Cantika Lestari 9C, di Pelabuhan I Slamet Riyadi, Sabtu (28/4).

”Setelah kapal ini beroperasi, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan dibuka lagi rute dengan jalur Ambon – Maluku Tenggara Barat (MTB) serta pulau-pulau yang belum tersentuh dengan jalur laut. Dan atas pencapaian ini, kami PT. Pelayaran Dharma Indah optimis akan memajukan dan menyatukan Kota Ambon dengan kabupaten-kabupaten maupun pulau-pulau kecil lainnya,” ujarnya.

Baca Juga  Edhy Prabowo akan Manfaatkan Kapal Sitaan, Susi Pudjiastuti: Harusnya Diproses Hukum Dulu

Upaya membuka simpul perhubungan laut antara Pulau Ambon dan pulau-pulau lainnya di Maluku, akunya, merupakan bagian dari perwujudan motto menyatukan seribu pulau.

Menurutnya, terwujudnya upaya dimaskud, tak lepas dari peran pemerintah daerah sendiri,  khususnya dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

”Kami ingin memajukan Maluku agar Maluku jangan menjadi daerah yang terkebelakang. Walaupun kita sempat terlena dengan rusuh beberapa tahun lalu, tapi kami tetap berkomitmen majukan transportasi laut,” tegasnya.

Dari karakteristik fisiknya, jelasnya, Kapal KM Cantika Lestari 9C sendiri merupakan kapal cepat pertama milik pihaknya yang menggunakan tenaga penggerak berupa mesin Caterpillar dengan daya jelajah mampu mencapai 18,2 knot/jam.

Dengan kcepatan itu, akunya, KM Cantika Lestari 9C juga mampu menempuh rute Ambon-Namlea dalam 5 jam saja.

Baca Juga  Satgas Yonif Raider 515/UTY gelar perayaan Natal serempak

Sementara untuk daya angkut penumpang, akunya, KM. Cantika Lestari 9C mampu mengangkut kurang lebih 600 orang.

Meski demikian, diapresiasinya pembuatan dan pembangunan KM. Cantika Lestari 9 C yang merupakan buah tangan putra daerah sendiri lulusan Fatek Unpatti di Bitung. (febby sahupala)