Lagi Gempa Guncang Kobisonta, Magnitudo 4.2 Dini Hari Ini

oleh -182 views
Link Banner

Gempa bumi mengguncang Kobisonta pada dini hari ini, magnitudo 4.2 SR. Gempa pada 9 Februari 2020 mengagetkan warga.

Porostimur.com | Ambon: Gempa dini hari ini kembali mengguncang Kobisonta dan sekitarnya untuk yang kedua puluh kalinya, pada 01:02:04 WIT, Ahad, 9 Februari 2020.

BMKG mengumumkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 4.2 SR. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Kobisonta hari ini berada pada titik koordinat 2.81 LS 129.9 BT.

Menurut BMKG pusat gempa berada di laut 18 km Kobisonta. Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 16 Km.

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Kobisonta mewaspadai potensi gempa susulan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya menjelaskan gempa di Pulau Seram ini berada di zona aktif Ambon-Seram sesuai dengan klaster zona aktif yang sudah terpetakan sejak Januari 2020.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Seram Utara (North Ceram Thrust). Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber gempa menurut BMKG yang menunjukkan gempa dipicu oleh penyesaran dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelas Daryono. (red/rtm)

Baca Juga  Mas Menteri Perkenalkan Konsep Kampus Merdeka, Wajib di Seluruh Perguruan Tinggi