Lagi, Maluku Utara Kedatangan 1.000 APD untuk Penanganan Covid-19

oleh -72 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara kembali mendapat bantuan Alat Pindung Diri (APD) dari pemerintah pusat.

Bantuan sebanyak 20 Koli atau 1000 buah APD  tersebut diangkut menggunakan Pesawat Boeing 737 dengan Nomor Registrasi: A-7305 TNI AU yang tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, Sabtu (18/4/2020). 

Sabanyak 20 koli atau 1.000 buah Alat Pelindung Diri (APD) batuan pemerintah Pusat itu, tiba di Bandara Babullah Ternate sekitar pukul 15.45 WIT.

Setelah  unloading dari pesawat terlebih dahulu dilakukan serah terima dari Danrem 152/Babullah yang diwakili Kasrem 152/Babullah Letkol Kav Tri Sugiarto kepada Kepala Dinas Kesehatan Prov Maluku Utara Dr. Idhar Sidi Umar, M.Kes.

Setelahnya APD tersebut disimpan di Gudang Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Maluku Utara untuk selanjutnya disalurkan ke Faskes maupun Kab/Kota sesuai keperluan.

Baca Juga  Kapolri Terbitkan Telegram Antisipasi Unjuk Rasa, YLBHI Singgung Kebebasan Berpendapat

Kapenrem 152/Babullah Mayor. Inf. Iriono menyampaikan bahwa pengiriman ini merupakan shortie ketiga bantuan dari Gugus Tugas Nasional kepada Gugus Tugas Provinsi dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Maluku Utara.

“Ini merupakan langkah cepat TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terlihat dalam membantu Pemerintah mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai daerah termasuk ke Maluku Utara yang sudah ke tiga kalinya,” jelasnya. 

Sementara itu, Koordinator Sekretariat Posko Covid-19 Maluku Utara, Ali Yau ketika dihubungi malutsatu menjelaskan, APD tersebut merupakan bantuan lanjutan dari Pemerintah Pusat melalui Gusgus Tugas Nasional untuk Maluku Utara.

Menurutnya, jumlah APD yang diberikan sebanyak 1.000 buah yang nantinya akan dibagi ke beberapa kabupaten dan kota. “Berdasarkan jadwal nanti akan didistribusikan ke beberapa daerah,”katanya, Sabtu (18/4/2020).

Baca Juga  Danlantamal IX Tinjau Pelaksanaan Rapid Test di Rumkital dr. F. X. Suhardjo

Daerah yang akan dibagi diantaranya, Dinkes Provinsi Maluku Utara sebanyak 650 buah, Kabupaten Halmahera Tengah sebanyak 50 buah, Halmahera Utara sebanyak 50 buah, Kepulauan Sula sebanyak 50 buah serta Kota Ternate akan diberikan senyak 200 buah. (red/rtm/msc/si)