Lagi Tren, Kandungan Tranexamid Acid di Skincare Untuk Samarkan Flek Hitam

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Tranexamid acid akhir-akhir ini banyak ditemui dalam produk skincare. Kepopulerannya meningkat sebagai salah satu bahan ampuh dalam cara menghilangkan flek hitam bergabung dengan vitamin C dan hydroquinone yang telah lebih dulu menangani masalah hiperpigmentasi.

Lantas, apa itu tranexamid acid?

Tranexamid acid dalam skincare bisa atasi iritasi akibat jerawat
Ilustrasi dark spot/ Foto: Pexels.com/Michelle Leman

Melansir dari Allure, Dermatologist Y. Claire Chang menjelaskan bahwa tranexamid acid  atau asam traneksamat adalah turunan sintetis dari amino lycid acid (asam amino lisin, bahan penyusun protein). Tranexamid acid biasa digunakan dalam pengobatan medis untuk merawat pasien yang kehilangan banyak darah akibat trauma, operasi, melahirkan, dan menstruasi berat. Itu karena tranexamid acid memiliki sifat yang dapat membekukan darah.

Baca Juga  Sentra Pangan Berjalan Maksimal, Pemprov Apresiasi Pemda Halbar,

Tranexamid acid bersifat antiplasmin. Artinya, ini merupakan salah satu bentuk asam amino yang bisa menekan produksi plasmin, yaitu enzim penyebab peradangan di tubuh. Dalam produk skincaretranexamid acid dapat membantu mengatasi iritasi akibat jerawat dan sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam.

Cara Kerja Tranexamid Acid

Tranexamid acid menghambat produksi melanin (penyebab dark spot) akibat sinar UV
Ilustrasi dark spot/ Foto: Pexels.com/Pixabay

Biasanya, sinar UV dapat memicu produksi melanin, yang menyebabkan melasma dan bintik hitam atau dark spot. Nah, beberapa penelitian menemukan bahwa pengaplikasian tranexamid acid di kulit dapat menghambat sintesis melanin yang diinduksi UV dengan memblokir interaksi antara keratinosit (sel kulit) dan melanosit (sel penghasil melanin).

Kabar baiknya lagi, asam traneksamat bisa dikolaborasikan dengan kandungan lain dalam pemakaiannya. Chang merekomendasikan untuk mengombinasikannya dengan pencerah lain, seperti retinoid topikal, vitamin C, kojic acid, atau hydroquinone.

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya menggunakan kandungan ini dalam rutinitas perawatan malam. Gunakan setelah toner dan sebelum pelembap. Hasilnya akan terlihat dalam waktu sekitar 12 minggu pemakaian.

Baca Juga  Nikita Mirzani

Pilihan Produk Tranexamid Acid

The Inkey List Tranexamic Acid Hyperpigmentation Treatment
The Inkey List Tranexamic Acid Hyperpigmentation Treatment/ Foto: theinkeylist.com

Buat kamu yang penasaran ingin merasakan manfaatnya, cek produk skincare dengan kandungan tranexamid acid berikut ini.

  1. The Inkey List Tranexamic Acid Hyperpigmentation Treatment (Rp450 ribu)
  2. La Roche-Posay Glycolic B5 10% Pure Glycolic Acid Serum (Rp571 ribu)
  3. Shiseido White Lucent Brightening Protective Emulsion Broad Spectrum SPF 18 (Rp730ribu)
  4. SkinCeuticals Discoloration Defense (Rp1.4 juta)

Seperti biasa, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu sebelum memakai produk skincare yang menargetkan dark spot ini. Dengan demikian, kamu bisa memastikan bahwa tidak ada efek samping tranexamic acid di kulitmu.

(red/beautynesia)