Lahirnya Neo Orde Baru

oleh -23 views

Oleh: Syamsul Maarif, Aktivis NU

Orde Baru merupakan sebuah periode pemerintahan di Indonesia yang ditandai oleh kepemimpinan Soeharto. Sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 menganut sistem pemerintahan presidensial. Sistem pemerintahan ini dijalankan semasa pemerintahan Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto.

Lama kepemimpinan Soeharto berkisar 32 tahun dari tahun 1966 hingga akhirnya lengser keprabon pada tahun 1998. Ada yang penting untuk kita ingat, bahwa peralihan antar orde itu ada dialektikanya di mana Orde Baru lahir setalah berproses melawan Orde Lama di bawah kepemimpinan Soekarno yang dinilai diktator dan hendak melanggengkan kekuasaan seumur hidup.

Berbagai peristiwa penting terjadi di masa kepemimpinan Soekarno, dari yang terkenal dengan diplomasinya yang mengguncang dunia, gagasan-gagasannya yang mengglobal, tentu Soekarno membutuhkan bukti kuat untuk merealisasikan gagasannya agar tidak sekedar disebut kata tanpa fakta.

Baca Juga  Kasus 3 ASN Ternate Pakai Sabu, Polda Metro Jaya Sita Sejumlah Bukti

Maka upaya Soekarno mewujudkan menggabungkan Nasionalis, Agamis dan Komunis bersatu bergotong royong membangun Indonesia mencapai kemakmurannya seperti yang di cita-citakan dan tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Rupanya usaha mewujudkan gagasan menjadi realita tidaklah mudah, terbukti adanya perlawanan dari partai-partai Islam seperti Partai Masyumi, Partai Syariat Islam, dan Partai NU. Meski kemudian Partai NU dianggap berkhianat bergabung dengan Partai Nasional Indonesia (PNI) dan Partai Komunis Indonesia (PKI) membentuk kabinet gotong royong sebagai bentuk pengejawantahan gagasan nasakom-nya Soekarno.

No More Posts Available.

No more pages to load.