Lantamal IX Ambon, Sosialisasi Safety Riding dan UU 22 Tahun 2009 Kepada Prajurit

oleh -32 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Lantamal IX, Ambon, menggelar Sosialisasi Safety Riding dan Undang Undang Nomor 22,Tahun 2009 sebagai pedoman kepada prajurit.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi digelar di gedung J. Leimena Lantamal IX Kec. Baguala Kota Ambon Maluku pada Rabu, (18/11/2020).

Dalam arahannya, Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, SE, M.Si yang diwakili Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (KH) Drs. Fahyuddin, M.Si menyampaikan pentingnya Safety riding dan UU Nomor 22 Tahun 2009 sebagai pedoman kepada prajurit serta PNS Lantamal IX .

Menurutnya, kesadaran akan pentingnya safety riding dalam berlalu lintas merupakan tindakan sayang terhadap keluarga.

Di tempat yang sama, Kompol Moses Alfon Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku selaku pembicara menjelaskan, angka kecelakaan sampai merenggut nyawa pengendara maupun penumpang kebanyakan disebabkan oleh kurangnya etika pengendara dalam berlalu lintas.

Baca Juga  Warga Desa Tumalehu Barat Semprot Disinfektan

Selain itu menurutnya, psikologi pengendara yang masih labil dan biasa terjadi pada anak di bawah umur atau anak remaja.

Untuk itu, menurutya peran orang.tua sangat dibutuhkan dalam mengawasi anak-anak. Orang tua sebaiknya bijak dalam memberikan izin kepada anaknya menggunakan kendaraan.

“Mungkin mereka niatnya mempermudah anaknya untuk ke sekolah, padahal ini berdampak besar pada keselamatan sang anak,” ujarnya

Selain itu, kebanyakan jalan di Ambon penuh dengan tanjakan, turunan dan tikungan tajam serta curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan jalan menjadi licin.

Sosialisasi ini juga mencakup tentang kewajiban dan etika pengendara di jalan raya, seperti menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), menyalakan lampu (light on) dan mengendarai kendaraan di jalan raya yang baik dan benar.

Baca Juga  Dino Umahuk Siap Bertarung di Pilkada Kepsul 2020

Turut hadir Danpomal Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX, 4 personel Polda Maluku, Para Kasatker Lantamal IX, Para Pama Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX, Para BA/TA Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX serta PNS Lantamal IX. (red)