Lantik Majelis Pembina-Pengawas PPAT Pusat dan Wilayah, Menteri AHY: Kita Cegah Mafia Tanah

oleh -14 views

Porostimur.com, Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik Ketua beserta Anggota Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Pusat (MPPP) serta Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Wilayah (MPPW).

Sebanyak 36 MPPP dan MPPW dilantik secara daring dan luring di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta pada Senin (3/6/2024).

Menteri AHY menyebutkan, PPAT yang sudah terverifikasi saat ini jumlahnya 21.768 orang. Dengan sinergi dan kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN, diharapkan PPAT dapat mendukung pemberantasan praktik-praktik mafia tanah.

“Kita ingin mencegah praktik-praktik kejahatan pertanahan termasuk yang dilakukan oleh para mafia tanah, dan tentu kita ingin setiap saat membangun PPAT yang semakin profesional, semakin memiliki kapasitas yang tinggi dan juga memiliki integritas yang baik,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca Juga  Honda Luncurkan Motor Matik Bertampang Unik, Segini Harganya

Oleh sebab itu, MPPP dan MPPW diminta melakukan penguatan pembinaaan dan pengawasan terhadap PPAT secara optimal sesuai dengan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah. “Yang pertama, pastikan PPAT menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan kode etik. Kedua, laksanakan pemeriksaan ke kantor-kantor PPAT dalam rangka pengawasan secara periodik,” tegas Menteri AHY.

No More Posts Available.

No more pages to load.