Lantik Pejabat Eselon IV, Kakanwil Kemenag Maluku Minta Kembangkan Kompetensi

oleh -85 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad melantik 7 pejabat pengawas eselon IV di lingkungan Bidang Pendidikan Madrasah, Bidang Pakis, dan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Prosesi pelantikan, pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara digelar di ruang pertemuan Lt. I Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Selasa (3/12).

Kepala Bidang PHU, H. Yamin dan Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku menjadi saksi dalam proses pelantikan tersebut.

Acara pelantikan ini turut dihadiri para pejabat eselon III/IV beserta ASN lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Kakanwil dalam sambutan dan arahannya kepada pejabat yang dilantik mengatakan, rotasi maupun promosi adalah kewajaran dalam sebuah manajemen organisasi. Upaya ini, lanjutnya, dilakukan sebagai bentuk refleksi agar tugas dan tanggung jawab dapat berjalan dengan baik.

“Maka itu, kita harus bekerja dengan penuh semangat, ikhlas dan rasa memiliki tanggung jawab demi dharma bakti kita kepada bangsa dan negara, khususnya di institusi Kementerian Agama,” kata Kakanwil.

Baca Juga  Data Terkini: 312 Rumah Rusak Pascagempa M6,8 di Morotai

Sebagai catatan penting bagi para pejabat yang dilantik, Kakanwil menilai, Permenpan RB Nomor 38 Tahun 2017 telah menuntut setiap ASN dapat mengembangkan kompetensinya.

Poin pertama dari Permenpan RB tersebut menuntut setiap pejabat ASN wajib berfikir kritis. “Jadi kalau ada hal yang tidak sesuai standar kompetensi itu kita kritisi. Ini penting,” jelas Kakanwil.

Poin kedua, setiap pejabat ASN juga dituntut berkreasi. “Kreasi ini bagian dari inovasi, dan inovasi bagian dari lima nilai budaya kerja Kementerian Agama yang  perlu dijunjung tinggi,” ujarnya.

Poin ketiga berikutnya, Kakanwil menguraikan, pejabat ASN dituntut untuk berkomunikatif. Sama halnya menjalin koordinasi dengan lebih banyak bertanya. “Misalnya, ada hal-hal yang tidak kita ketahui kita tanyakan kepada pejabat eselon III atau kepala bidang. Ini juga bagian dari pengembangan kompetensi,” terangnya.

Kemudian yang terakhir poin keempat adalah kolaboratif. Pada konteks ini, Kakanwil menekankan kerjasama dengan seluruh stakeholder internal maupun eksternal.

Baca Juga  Pattiselanno dinilai tidak kooperatif dan tidak komunikatif

“Hadirkanlah kemajuan dalam tata kelola manajemen organisasi yang semakin berkualitas dan memiliki keunggulan. Bangun sinergi dan kerjasama yang solid dengan semua pihak,” imbuhnya. 

Kepada pejabat eselon III/IV maupun yang baru dilantik, Kakanwil menyampaikan terimakasih atas dedikasi tulus dalam menghadirkan perubahan dan peningkatan kualitas kinerja demi institusi Kementerian Agama.

Berikut 7 pejabat eselon IV yang dilantik Kakanwil:

1. La Ciri, S.Ag sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum Bagian Tata Usaha yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Bagian Hukum dan KUB.

2. H. Hijerin Aliah, S.Ag sebagai Kepala Seksi Penerangan Agama Islam dan Sistem Informasi pada Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku.

Hijerin Aliah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Bidang Bimas Islam.

3. Latif Wabula, S.Ag sebagai Kepala Seksi Kepenghuluan dan Fasilitas Bina Keluarga Sakinah Bidang Bimas Islam yang sebumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA.

Baca Juga  Soal Penistaan Agama, Ketua KAMMI Minta Maaf Kepada Masyarakat Kepulauan Sula

4. Drs. H. Madjis Mudjid sebagai Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar Bidang Pakis Kanwil Kemenag Maluku.

Madjis Mudjid sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

5. Abdul Gani Rehalat, S.Ag, M.Pd.I sebagai Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Kab. SBT yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Menengah Bidang Pakis.

6. Dra. Asliawati Kabalmay menjadi Kepala Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan pada bidang yang sama.

7. Maryam Hakim, S.HI sebagai Kepala Seksi Pendidikan Diniyah, Kesetaraan dan Sistem Informasi yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Al-Qur’an pada Bidang Pakis. (red/rtl)