Lanud Pattimura Gelar Rakor untuk Percepatan Pembangunan Negeri Nusaniwe

oleh -20 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: TNI AU Lanud Pattimura menggelar rapat koordinasi dalam rangka percepatan pembangunan Negeri Nusaniwe sebagai destinasi pariwisata dirgantara yang dilaksanakan di ruang rapat Mako Lanud Pattimura, Rabu (11/12/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Maluku dan Camat Nusaniwe.

“Rapat ini dilakukan untuk mengkoordinasikan program-program dari TNI AU dan juga kesiapan daerah untuk mendukung program- program ini karena harus ada pendampingan dari pemerintah daerah”, ungkap Komandan Lanud Pattimura, Kolonel (Pnb) Sapuan.

Salah satu program yang dibahas ialah Paragliding Trip of Indonesia (TroI) 2021 di Kecamatan Nusaniwe.

TroI merupakan program dari Dinas Pariwisata, Kemenpora dan TNI-AU yang bertujuan untuk membudayakan olahraga sekaligus mengembangkan potensi sport tourism diberbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga  Tumbangkan Petahana, Aryati Soamole Jadi Kades Perempuan Pertama di Manaf

Menurut Sapuan dalam program ini terdapat dua sasaran serbuan teritorial yaitu sasaran non fisik seperti penyuluhan dan sasaran fisik antara lain: renovasi rumah tidak layak huni, pembersihan dan pengaspalan jalan akses masuk ke spot paralayang, jambanisasi serta pembuatan alat cuci tangan.

Pelaksanaan serbuan teritorial ini untuk membantu tugas pemerintah daerah.

Sapuan menjelaskan dasar dari program ini sesuai Instruksi Kepala Staf AU Nomor Ins/2/18/2018 tentang Pelaksanaan Pembentukan Organisasi dan Tugas Pembinaan Potensi Dirgantara Kotama TNI AU & Pertimbangan Komando dan Staf Lanud Pattimura sehingga tugas Lanud dalam hal ini adalah menyiapkan, melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya serta pemberdayaan wilayah pertahanan dirgantara.

Baca Juga  Sapuan Harap Kontingen AMSO Raih Prestasi Maksimal Dalam FESA di Bogor

Dalam rakor ini juga dibahas anggaran untuk program tesebut dan anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp. 3,5 miliar untuk pelaksanaan sasaran fisik dari serbuan teritorial .

“Tadi sudah disepakati dan kami melihat respon dari daerah sudah sangat bagus. Selanjutnya kita tinggal menindaklanjuti pelaksanaanya”, pungkasnya. (alena)