Lanud Pattimura Terlibat Dalam Penanganan Kondisi Darurat Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon

oleh -67 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos., M.M., beserta personel Lanud Pattimura turut serta dalam sesi Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (30/10).

Dalam latihan yang rutin diselenggarakan 2 tahun sekali ini, ada beberapa materi latihan yakni: Aviation Security Exercise, AMDP Exercise, dan Aircraft Accident Exercise.

Saat sesi latihan Aircraft Accident Exercise, diskenariokan bahwa sebuah Pesawat Maleo Air tipe Boeng 737-800 NG PK-MTE mengalami kegagalan pasca take off dengan tujuan kota Makassar, dimana main gear sebelah kanan terlipat kembali dan mengakibatkan pesawat swing ke kanan kemudian terhempas di sekitar runway 22 Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon.

Pesawat mengalami RTB (Return To Base) dan Setelah touchdown pesawat mengalami swing ke kanan, terhempas dan terbakar di sekitar depan fire station lama Bandar Udara Internasional Pattimura. 

Team Pemadam Kebakaran segera bergerak menuju ke lokasi dan segera melakukan operasi pemadaman. Berdasarkan informasi awal komunikasi antara tower dan pilot, diduga kesalahan teknis pada main gear yang disebutkan sebelumnya menjadi penyebab kecelakaan.

Baca Juga  Blangko e-KTP di Halsel Kosong Sejak Desember 2019

Tidak lama setelah kejadian dan proses penanganan kondisi emergency tersebut, GM Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon berkomunikasi langsung dengan Danlanud Pattimura beserta jajaran komite penanggulangan keadaan darurat Bandar Udara Internasional Pattimura yang terdiri atas Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, rumah sakit, dan lain-lain segera merapat ke ruang Emergency Operation Center di gedung pemadam kebakaran bandara dan memantau ketat operasi pemadaman dan penyelamatan korban oleh petugas-petugas di lapangan.

Di akhir rangkaian skenario Aircraft Accident Exercise ini, api berhasil dipadamkan dan korban berhasil dievakuasi pada pukul 22.00 WIT ke Rumah Sakit Lanud Pattimura yang letaknya berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon. 

Dalam acara ini turut hadir Komisaris PT. Angkasa Pura I Bapak Tri Budi Satriyo, Ketua KNKT Bapak Soerjanto Tjahjono, Perwakilan Asosiasi Pilot Capt. Koko Indra Perdana, dan unsur-unsur terkait bidang penerbangan. (ebot)