Lapangan Merdeka & Taman Pattimura Ambon Jadi Kawasan Wajib Masker

oleh -76 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kota Ambon menetapkan Lapangan Merdeka dan Taman Pattimura Ambon sebagai kawasan wajib masker. Penetapan tersebut mulai berlaku sejak hari ini, 1 Januari 2021.

“Jadi, jika ditemukan ada yang tidak memakai masker akan dilakukan tes cepat di tempat,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Untuk diketahui, Lapangan Merdeka dan taman Pattimura merupakan kawasan publik. Lokasi ini biasa dimanfaatkan masyarakat untuk olah raga atau bersantai dengan keluarga.

Louhenapessy bilang, pemerintah tidak melarang warga yang beraktivitas di dua lokasi tersebut, namun warga wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun.

“Kita mulai dengan dua kawasan. Selanjutnya akan diberlakukan di titik lainnya di Kota Ambon, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya, Jum’at (1/1/2021).

Baca Juga  Bertambah 337, Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Tembus 3.293 Orang

Saat ini jumlah kasus Covid-19 di Kota Ambon mencapai 558 orang. Sementara status Kota Ambon berada di zona oranye.

Diakuinya, masyarakat mulai jenuh menggunakan masker. Karena itu petugas tidak boleh lengah dan harus tetap semangat.

“Kalian tidak boleh jenuh, harus tetap semangat. Saya sangat berharap 1 Januari 2020 ini kita bisa berubah zona,” kata Richard. 

Selain menetapkan kawasan wajib masker, tim satgas juga akan tetap melakukan operasi yustisi di sejumlah titik, baik di pagi maupun sore hari.

Petugas Dinas Kesehatan akan siaga pada titik Satgas bertugas. Jika kedapatan warga tidak menggunakan masker langsung dilakukan tes cepat.

“Jika hasil tes cepat ternyata reaktif, maka petugas akan mengantarkan ke Puskesmas untuk dilakukan tes usap. Ini sebagai langkah efek jera bagi masyarakat agar menaati protokol kesehatan,” kata Richard. (alena)