Lapas Ambon Gelar Pertemuan Pembentukan Gudep Pramuka

oleh -145 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 15 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon mengikuti pertemuan tatap muka dalam rangka pembentukan gugus depan (gudep) Pramuka, Kamis (18/2). Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri, memimpin langsung kegiatan ini.

Hadir dalam pertemuan tatap muka Sekretaris Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Ambon Andre Gomes, Ketua Pramuka Kwartir Ranting Baguala,Pieter Siahaya, dan jajaran, serta pengurus Pramuka Lapas Ambon.

Pada kesempatan tersebut, Kalapas Ambon menyampaikan pihaknya berencana membentuk gugus depan Pramuka dengan nama Sahardjo. “Sahardjo merupakan menteri yang mencetuskan Sistem Pemasyarakatan di Indonesia, mengubah sistem yang semula, yaitu kepenjaraan,” tuturnya.

Menurutnya, kepramukaan merupakan salah satu program pembinaan yang menarik bagi WBP. Ia berharap melalui program pembinaan tersebut dapat menciptakan kepribadian dan watak yang luhur, bermental tinggi, berbudi pekerti, serta kuat agamanya sesuai dengan tujuan Pramuka.

Pembinaan kepramukaan bagi WBP terdiri atas pembinaan ideologi, mental, kedisiplinan, wawasan kebangsaan, dan pelatihan persatuan baris berbaris. “Kegiatan ini akan terus dikembangkan dan diisi dengan teknik kepramukaan lainnya sehingga menambah dan membuka wawasan mereka yang nantinya mereka mampu menatap kembali masa depan mereka dengan bekal yang telah diperoleh dari kegiatan Pramuka,” tambah Saiful.

Baca Juga  Ekspor Maluku Turun 93,50 Persen Pada November 2019

Sementara itu, Andre Gomes menyampaikan ia sangat bersemangat dengan kegiatan Pramuka di lapas. Pihaknya mengaku kaget ketika masuk ke lapas terdapat WBP yang sedang berseragam Pramuka.

“Saya pribadi sangat terkejut melihat WBP yang berpakaian Pramuka. Kami berjanji membantu dan bersama-sama meningkatkan kegiatan Pramuka di Lapas Ambon,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut turut didiskusikan persiapan Majelis Pembimbing Gugus Depan yang rencananya akan dilaksanakan dalam musyawarah pada Kamis (25/2) mendatang. Sementara terkait pengukuhan Gudep Sahardjo Lapas Ambon akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. (alena)