Laporkan Kasus Kejahatan Geng Kriminal, Jurnalis Ini Ditemukan Dipenggal

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Motzorongo: Seorang jurnalis di Meksiko ditemukan tewas dipenggal, setelah dia memberitakan kaasus kejahatan karena geng kriminal.

Julio Valdivia menuliskan mengenai kasus mengerikan yang terjadi di Negara Bagian Veracruz, dengan kematiannya diungkapkan koran tempatnya bekerja, Diario El Mundo.

Media setempat melaporkan, jenazah serta sepeda motor yang dipakai oleh Valdivia ditemukan tergeletak di jalur kereta api kota Motzorongo.

Sempat terdapat indikasi awal bahwa jurnalis 44 tahun itu tewas karena terhantam kereta api. Namun, kesimpulan itu dibantah Jaksa Penuntut Veracruz.

Link Banner

Dilaporkan New York Post via The Sun Kamis (10/9/2020), staf dari Diario El Mundo menyebut bahwa Valdivia sudah disiksa dan dipenggal.

Organisasi perlindungan bagi pekerja media (CEAPP) menyatakan, Valdivia sama sekali tidak melaporkan mengenai ancaman yang dia terima.

Baca Juga  Hadiri Tabliq Akbar Bersama Dua Habib FPI, Kakanwil Kemenag Himbau Warga Maluku Jaga Kerukunan

Karena itu, wartawan yang biasanya bertugas di area pedesaan di dekat perbatasan antara Veracruz dengan Oaxaca itu tak mendapat perlindungan.

CEAPP pun menyerukan agar pemerintah setempat bisa menyelidiki kasusnya, dan menemukan pelaku yang sudah memenggal Valdivia.

Mereka mendesak otoritas untuk bergerak karena Valdivia menjadi awak media keempat yang kehilangan nyawanya di Meksiko pada tahun ini.

Pembunuhannya terjadi beberapa pekan setelah jurnalis lain, Juan Nelcio Ezpinoza, ditangkap oleh polisi dan tewas dalam tahanan.

Pemerintah Coahuila menerangkan, Ezpinoza dibekuk ketika dia tengah meliput konfrontasi di Piedras Negras dan disiksa hingga tewas.

Selama sekitar dua dekade terakhir, sekitar 140 wartawan dilaporkan dibunuh di “Negeri Sombrero”. (red/kcm)