Launching Visit Kota Ambon 2020 Berlangsung Semarak

oleh -73 views
Link Banner

Poristimur.com | Ambon: Pasta kembang api dan suguhan berbagai atraksi musik tradisonal mewarnai peluncuran Visit Kota Ambon 2020 oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, yang berlangsung di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amahusu Beach, Negeri Amahusu, Sabtu (1/2/2020) semalam.

Acara peluncuran ditandai dengan pemukulan tifa oleh Walikota Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Syarief Hadler.

Pukulan gong, tifa, tahuri dan berbagai alat musik tradisoional menghiasi sepanjang acara. Tak ketinggalan paduan suara dan vocal group yang semakin menambah meriah suasana.

Walikota Ambon dalam sambutannya mengatakan, Visit Kota Ambon 2020 menjadi titik awal kunjungan wisatawan ke Maluku.

“Ambon adalah pintu masuk, maka Visit Kota Ambon 2020 harus menjadi starting point, karena kalau tidak kita mulai, akan menjadi sulit untuk digerakkan oleh kabupaten dan kota lain di Maluku”, tutur Louhenapessy.

Baca Juga  Penikam Polisi Saat Rusuh Judi Sabung Ayam di Nggele Taliabu Barat Ditangkap

Sementara itu, Kepada Dinas Pariwisata Kota Ambon, Ricco Hayat, saat acara launching mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan seluruh komunitas kreatif yang ada di Kota Ambon guna mendukung sukses penyelenggaraan.

Ricco mengungkapkan, acara peluncuran Visit Kota Ambon 2020 ini, dihadiri oleh seluruh stakeholder terkait, masyarakat Kota Ambon, Putri Pariwisata Kota Ambon, serta turis mancanegara yang berasal dari Belanda, Prancis dan New Zealand. 

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan menggunakan APBD Kota Ambon. Launching Visit Ambon 2020, menjadi bukti adanya komitmen Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pariwisata untuk terus memajukan pariwisata dan budaya di kota ini,” ujar Rico Hayat.

Dia menuturkan, melalui event ini diharapkan dapat memberikan ide serta gagasan kreatif bagi sektor pariwisata. 

Baca Juga  120 Penumpang KM Wahana Permai Dievakuasi Tim QRT UPP Tobelo

“Dengan adanya Visit Ambon 2020, kita berharap dapat memberikan ide, dan gagasan kreatif sehingga upaya menjadikan Kota Ambon sebagai salah satu destinasi nasional di daerah timur Indonesia dapat terwujud,” pungkasnya. 

Acaranya yang dimulai saat senja ini, antara lain menampilkan puluhan anak yang tergabung dalam Amboina Ukulele Kids Community, lalu ada Paduan Suling Bambu Jemaat Petra.

Ada juga orkes Tahuri atau orkes musik tiup yang menggunakan cangkang kerang (kuli bia), dan perform apik dari Arnesta Hawaiian Band. Para undangan juga terhibur dengan penampilan Ambon Brass Community serta Hotumese Choir.

Sedangkan penampilan dari Amboina Voice yang antara lain membawakan theme song Ambon City of Music, membuat acara yang ditutup pesta kembang api ini semakin meriah. (red/rtm/gatra)