Liverpool Bakal Benamkan MU? Lihat Catatan 5 Laga Terakhir

oleh -7 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Partai Liverpool versus Manchester United (MU) Ahad (17/1/2021), Senin dini hari WIT, menjadi big match Liga Inggris pekan ini. Dua klub posisi teratas klasemen Liga Inggris saat ini akan saling mengalahkan untuk memuluskan langkah menjadi juara.

Saat ini MU masih memimpin klasemen sementara Liga Inggris, disusul Leicester dan Liverpool. Jika Liverpool menang maka posisi MU tergeser, sebaliknya jika MU menang maka klub Inggris tengah ini semakin memantapkan posisi.

Mantan pemain Manchester United, Paul Scholes, meyakini the Red Devils bisa membuka lebar harapan untuk menggenggam trofi Liga Primer Inggris. Ini apabila MU berhasil mengalahkan Liverpool pada laga akhir pekan nanti.

“Rasanya aneh untuk mengatakannya. Tapi, saya berpikir MU bisa memenangkan liga karena ini musim yang aneh. Tapi, saat ini tentang memenangkan pertandingan besar,” kata Scholes dilansir ESPN, Jumat (15/1).

Bagaimana prediksi pertandingan akbar ini? Sejumlah pengamat bola di Eropa memperkirakan ini akan menjadi laga sulit bagi kedua tim. Tak ada yang diuntungkan dengan kondisi pemain saat ini, apalagi Liverpool yang didera cedera pemain bintangnya.

Baca Juga  Rontini resmi jabat Kasat Brimob Polda Papua Barat

Namun, seperti diulas BBC, dari lima laga terakhir Liverpool vs MU di Liga Inggris, posisi Liverpool diuntungkan: dua kali menang, sekali kalah, dan dua kali seri.

Pada 10 Maret 2018, MU menjamu Liverpool di Old Trafford Manchester. Hasilnya, MU melumat the Reds 2-1. Marcus Rashford menyumbang dua gol untuk MU.

Pelatih MU Jose Mourinho menilai timnya menang dengan sukses menguasai permainan ketika menghadapi Liverpool. 

Menurut Mourinho, pasukannya punya kendali penuh atas pertandingan sejak menit pertama. Dua gol pyang dibuat striker Marcus Rashford pada babak pertama membuat MU tenang menjalani interval kedua.

“Jika dibagi ke dalam dua bagian, kami menguasai babak pertama dengan ancaman ke gawang lawan. Lalu pada babak kedua, mungkin pendapat saya ditentang, tapi bisa dikatakan Liverpool mengendalikan permainan karena memegang bola sedangkan kami mengendalikan permainan dengan pertahanan yang baik,” kata Mourinho dikutip dari laman resmi MU, Sabtu.

Baca Juga  Kaum disabel Bitung dilatih tata rias dan tata boga

Pada 16 Desember 2018, giliran Liverpool menjadi MU. Hasilnya: pasukan Juergen Klopp menang telak 3-1 atas MU.

Dua gol Xherdan Saqiri dan satu gol Sadio Mane mengantarkan Liverpool pada kemenangan. 

Pada 24 Februari 2019, MU menjadi tuan rumah saat bermain imbang 0-0 dengan Liverpool. Begitu juga pada musim 2019-2020, saat MU menjamu Liverpool pada 20 Oktober 2019 berkhir imbang 1-1.

Pada pertemuan terakhir di Liga Inggris tanggal 19 Januari 2020, Liverpool mengalahkan MU 2-0 di Anfield.

Dua gol kemenangan The Reds masing-masing dicetak Virgil van Dijk dan Mohamed Salah di injury time babak kedua.

Pada menit 90+3 Liverpool berhasil menggandakan keunggulan lewat serangan cepat Salah. Pemain tim nasional Mesir menyisir sisi kanan pertahanan MU tanpa bisa dikejar pemain belakang. 

Baca Juga  Turki Mulai Usut Penghinaan Politikus Belanda Kepada Erdogan

Ketika mendekati gawang, Salah menyodorkan bola dengan kaki kirinya tanpa bisa dibendung David de Gea. Liverpool menyudahi laga dengan kemenangan 2-0.

Gol Salah ke gawang MU memecah rekornya yang belum pernah membobol gawang Setan Merah dalam 4 kali pertemuan kedua tim tersebut. Salah pun tampak emosinal merayakan golnya ini.

(red/republika)