LPSK Sosialisasi Program Perlindungan Saksi dan Korban Kepada LSM Perempuan

oleh -36 views

Porostimur.com, Jakarta – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menggelar sosialisasi berbasis komunitas serta pelibatan masyarakat sebagai sahat relawan saksi dan korban kepada Lembaga Swadaya Perempuan (LSM) perempuan.

Dalam sosialisasi tersebut, diikuti oleh seluruh LSM perempuan dan LBH di provinsi yang tersebar di masing-masing daerah di seluruh Indonesia, baik secara offline dan online.

Untuk mengetahui latar belakang dalam program perlindungan dan saksi korban, salah satunya adalah terbatasnya anggaran yang tersedia, serta ketersediaan sumber daya manusia yang kurang memadai secara khusus dalam kuantitas.

Tak hanya itu, terbatasnya kemampuan LPSK dalam menjangkau korban khusus yang berdomisili jauh secara geografis.

“Saat ini masih ada dua kantor perwakilan yang resmi beroperasi, kurang dikenal peran dan tugas serta fungsi LPSK di mata publik secara umum, maupun belum optimal peran masyarakat dalam mendukung kerja-kerja LPSK,” tutur Anton PSW, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga  Peringati Harganas Ke-31, Pj. Gubernur Maluku: Jadikan Keluarga Tempat yang Aman

Menurutnya, program Perlindungan Saksi dan Korban Berbasis Komunitas adalah suatu program peningkatan akses masyarakat, utamanya masyarakat miskin dan marginal terhadap layanan perlindungan dan pemulihan saksi korban melalui peningkatan peran kelompok masyarakat sipil, perluasan jangkauan pelayanan, dan penguatan sistim
pelayanan.