Luhut: KPK Sudah Temukan Perusahaan yang Ekspor Nikel Ilegal

oleh -71 views

Porostimur.com, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Ketua KPK Firli Bahuri sudah menemukan pelaku ekspor 5 juta ton bijih nikel secara ilegal ke China.

“Pak Firli bilang ‘saya sudah dapat’,” kata Luhut, Senin (24/7/2023) di Jakarta.

Kendati, dia belum mengetahui apakah perusahaan yang mengekspor nikel secara ilegal adalah korporasi asal Indonesia atau asal China.

“Saya belum tahu nanti kita cek,” imbuhnya.

Sebelumnya, Luhut buka suara soal dugaan penyelundupan 5 juta ton bijih nikel ke China. Ia mengatakan sebenarnya kasus itu sangat mudah ditelusuri.

“Itu tidak susah menelusuri sumbernya dari mana, siapa yang menerima, siapa yang mengirim, kapalnya apa dan berangkat dari mana. Kita bisa trace. Sekarang dengan digitalisasi tidak ada yang tidak bisa di-trace,” katanya.

Baca Juga  Ketika Proyek Kolonial Zionisme Dianggap Ilegal Mahkamah Internasional

Selain dengan sistem, Luhut mengatakan pemerintah juga sudah mempunyai satuan tugas (Satgas) laut untuk mendeteksi dan mengatasi penyelundupan.

Informasi mengenai dugaan penyelundupan 5 juta ton bijih nikel disampaikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga tersebut mendapat informasi penyelundupan terjadi ke China dan sudah berlangsung sejak 2021 lalu.

Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria dugaan itu muncul setelah pihaknya mengecek data dari Negeri Tirai Bambu.

No More Posts Available.

No more pages to load.