Luiz Inacio Lula da Silva Siap Hadapi Jair Bolsonaro di Pemilu Brasil

oleh -7 views
Link Banner

Porostimur.com, Barazilia – Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva siap menantang Presiden Brasil Jair Bolsonaro dalam pemilu Brasil pada Oktober 2022.

Lula pada Kamis, 28 April 2022, mengklaim sudah mengantongi mandat dari tujuh partai yang tergabung dalam poros koalisi kiri-tengah.

Lula telah menyusun agendanya dengan kongres partai untuk memperkuat koalisi itu, termasuk menggelar rapat umum dengan Partai Sosialis Brasil dan Jaringan Keberlanjutan (REDE).

“Bagi mereka yang belum bergabung dengan kami, tangan kami terbuka untuk menyambut semua orang yang ingin memulihkan negara ini,” katanya kepada wartawan pada pertemuan dengan Partai REDE, seperti dilansir Reuters, Jumat, 29 April 2022.

Senator Randolfe Rodrigues menjanjikan dukungan REDE untuk pencalonan Lula. Akan tetapi, pendiri partai REDE yang juga mantan menteri lingkungan di era kepemimpinan Lula, Marina Silva, tidak hadir. Silva meninggalkan pemerintahan Lula dan melawan Partai Pekerja (PT) dalam tiga pemilihan presiden.

Baca Juga  Gempa Beruntun M 4,0 dan M 2,5 Terjadi di Kairatu Malam ini

Survei menunjukkan keunggulan Lula atas Bolsonaro terkikis dalam beberapa bulan terakhir. Sebab Bolsonaro telah menggenjot pengeluaran untuk program sosial. Namun, sang penantang dari sayap kiri itu, mempertahankan keunggulan dua digit atas lawan sayap kanannya dalam simulasi kemungkinan limpasan.

Sumber yang dekat dengan Lula mengatakan kepada Reuters strateginya. Dalam lima bulan dari pemilihan, rencana Lula adalah fokus mengumpulkan dukungan maksimum untuk putaran kedua yang diharapkan melawan Bolsonaro.

Beberapa partai sedang bermanuver untuk mengajukan kandidat mereka sendiri. Namun, partai masih bisa mendukung Lula di putaran kedua, seperti Partai Sosial Demokrat dan beberapa faksi dari Gerakan Demokratik Brasil.

Pada hari Kamis, Lula disambut oleh para pendukung yang bersorak-sorai pada pertemuan nasional Partai Sosialis Brasil (PSB), sekutu utamanya. Dalam momen itu, Lula hadir bersama dengan pasangannya yang merupakan eks Gubernur Sao Paulo, Geraldo Alckmin.

Baca Juga  Polri dan KPI Bahas Persiapan Hari Penyiaran Nasional

Anggota partai meneriakkan “Cukup dengan Bolsonaro” dan menyanyikan himne Sosialis L’Internationale di pertemuan PSB yang dihadiri Lula tersebut.

“Kami harus mengalahkan Bolsonaro dengan baik karena dia memalukan bagi Brasil,” kata presiden PSB Carlos Siqueira dalam pidatonya. Para pemimpin partai mengatakan Bolsonaro telah merusak hak-hak buruh dan perlindungan lingkungan.

(red/tempo/reuters)