Lukas Enembe Tunjuk Rifai Darus Jadi Jubir Gubernur Papua

oleh -137 views
Link Banner

Porostimur.com | Jayapura: Gubernur Papua Lukas Enembe menunjuk juru bicara baru, Muhammad Rifai Darus. Ini merupakan kali kedua Lukas menunjuk juru bicara selama menjabat sebagai orang nomor satu di Papua.

Informasi mengenai penunjukan mantan Ketum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) itu sebagai juru bicara Lukas bermula dalam sebuah foto yang tersebar di media sosial. Dari foto tersebut terpampang wajah Lukas serta Firdaus.

“Terhitung mulai tanggal 1 April 2021 mengangkat Muhammad Rifai Darus sebagai Staf Khusus Gubernur urusan media sebagai Juru Bicara Gubernur,” tulis keterangan dalam foto tersebut, sebagaimana dikutip, Rabu (14/4/2021).

Saat dikonfirmasi langsung, Rifai membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, ia ditunjuk untuk membantu tugas Lukas berhubungan dengan media.

“Untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan guna membantu tugas-tugas Gubernur Papua urusan media sebagai juru bicara, sehingga beliau menganggap saya layak ditunjuk sebagai juru bicara beliau” ujar Rifai melansir CNNIndonesia.com.

Rifai yang kini menjabat sebagai Wasekjen Demokrat membantah jika penunjukannya ini lantaran selama ini komunikasi Lukas dengan media sedikit terhambat. Ia memastikan kehadirannya untuk memperkuat komunikasi antara Pemprov Papua dengan media.

“Saya kira tidak ada yang terhambat, beliau membutuhkan penguatan dalam hal itu. Namun jika teman-teman media merasa ada yang terhambat, maka kita akan memperbaiki kedepannya,” jelas Rifai.

Baca Juga  Manisnya Senyuman Isabella Echeverri, Bek Andalan Timnas Kolombia Wanita

Ini bukan kali pertama Lukas menunjuk Jubir saat menjabat sebagai Gubernur Papua. Tercatat, pada periode pertamanya sebagai Gubernur, Lukas sempat menunjuk Lamadi de Lamatto sebagai juru bicara.

Namun, Lukas memecat Lamadi pada 2016. Mengutip situs resmi Pemprov Papua, Lamadi saat itu diberhentikan usai dirinya mengeluarkan komentar mengenai pengawalan Gubernur yang berlebihan.

Lamadi juga sempat berdebat dengan Sekda Papua saat itu, dan berencana melaporkan Mendagri dengan argumen melemahkan posisi jubir.

(red/cnn)