Luruskan Rambut Secara Alami, Bisa Pakai 5 Bahan Berikut Ini

oleh -9 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ladies memiliki rambut lurus merupakan dambaan banyak wanita. Segala cara dilakukan demi mendapatkan rambut lurus. Salah satunya dengan menggunakan catokan, hingga pergi ke salon melakukan perawatan seperti rebonding, smoothing, serta pemakaian masker rambut berbahan kimia. Tentu saja, cara-cara tersebut dapat merusak rambut dan memiliki efek samping yang berbahaya seperti resiko terserang saluran pernafasan hingga kanker.

Padahal, ladies bisa meluruskan rambut sendiri dengan bahan alami yang mudah ditemukan, tanpa efek samping, pastinya ramah di kantong. Berikut cara meluruskan rambut cara alami:

Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya/sumber:pixabay.com

Tanaman satu ini memang kaya khasiat. Bukan hanya bagi kesehatan kulit. Namun, tanaman yang dikenal dengan nama aloe vera ini juga bermanfaat bagi rambut khususnya dapat meluruskan rambut. Caranya, ambil gel lidah buaya dan rebus hingga mencair, lalu oleskan pada rambut, biarkan hingga 30 menit agar nutrisi dari lidah buaya menyerap. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih.

Baca Juga  Wagub Maluku Dikabarkan Terpapar Covid-19

Pisang dan Minyak Zaitun

minyak zaitun
minyak zaitun/sumber:pixabay.com

Pisang dan minyak zaitun diperkaya oleh kandungan vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Kandungan di dalamnya juga dapat membantu meluruskan rambut. Caranya mudah, haluskan 2 buah pisang dan campurkan dengan 3 sendok minyak zaitun, aduk hingga merata. Lalu, oleskan campuran pisang dan minyak zaitun pada rambut. Biarkan hingga menyerap selama 1 jam. Lalu, bilas hingga bersih.

Santan Kelapa dan Jeruk Nipis

santan kelapa
santan kelapa/sumber:pixabay.com

Santan kelapa tak hanya dapat digunakan untuk bahan masakan di dapur. Santan kelapa juga bermanfaat untuk membantu meluruskan rambut. Caranya sederhana, cukup siapkan satu gelas santan kelapa dan campurkan dengan dua sendok makan jeruk nipis. Simpan di kulkas hingga mengental. Lalu, oleskan pada rambut secara rata. Biarkan hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga  Khansa, Bocah Indonesia yang Taklukkan Gunung Kilimanjaro

Minyak Kedelai dan Minyak Jarak

Kedua bahan alami ini memang sudah populer dapat mengatasi permasalahan pada rambut. Salah satunya dapat meluruskan rambut keriting. Caranya, campurkan kedua bahan masing-masing satu sendok makan. Lalu, panaskan kedua bahan selama 3 hingga 5 menit. Oleskan pada rambut hingga merata selama beberapa menit. Terakhir, bilas hingga bersih menggunakan sampo.

Seledri

seledri
seledri/sumber:pixabay.com

Seledri tak kalah bermanfaat bagi kesehatan rambut. Salah satu khasiatnya dapat meluruskan rambut. Caranya mudah, haluskan seledri dengan air. Kemudian, oleskan pada rambut hingga merata dan biarkan beberapa menit dengan shower cap. Lalu, bilas dengan air bersih.

(red/beautynesia)