Madrasah Aliyah Kejuruan Perikanan Bula Siap Difungsikan

Porostimur.com | Ambon: Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Perikanan yang berada di kawasan Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) siap difungsikan untuk penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2020-2021.

Pasalnya, pembangunan MAK Perikanan SBT berupa sarana dan prasarana sudah cukup dan sangat refresentatif, sehingga sudah bisa difungsikan.

“Sarana dan Prasarana sudah cukup dan refresesntatif, sehingga dalam waktu dekat Kabid Pendis Kanwil Kemenag Provinsi Maluku bersama tim akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Bula, setelah itu dilakukan evaluasi dan kembali melakukan peninjauan ulang menjelang penerimaan peserta didik baru,” ujar Plt, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis, S.Ag pada saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 dan 184 Tingkat MI, MTs, dan MA tahun 2020 di Hotel Amans, Kamis (13/2), 

Untuk memfungsikan MAK Perikanan, masih terkendala soal penerimaan peserta didik baru, sehingga untuk memperlancar proses penerimaan peserta didik baru, Plt, Kakanwil mengatakan pihaknya telah menyerahkan SK untuk Kepala Sekolah (Kepsek) MAK Perikanan.

“Kita juga sudah berikan SK untuk Kepsek yang bertanggungjawan dalam hal administrasi dan untuk dilakukan penerimaan peserta didik baru dalam waktu dekat,” katanya

Pendirian MAK Perikanan Negeri di Kabupaten SBT merupakan bentuk dukungan dari Kementerian Agama untuk memperkuat kompetensi siswa madrasah di kawasan timur Indonesia dalam rangka melahirkan tenaga-tenaga profesional yang mahir dan mandiri berlandaskan pendidikan moral agama.

“Untuk itu direncanakan akan dilakukan survey di kabupaten dan kota yang lain untuk meratakan pembangunan MAK, misalnya seperti di Kota Tual, karena disana mempunyai potensi perikanan dan juga di SBB dan kabupaten lain,” kata Plt

“Ini yang diharapkan oleh mantan Kakanwil Kemenag Maluku, sehingga diharapkan menjadi perhatian penting bagi Kabid dan jajarannya dalam rangka membangun madrasah karena merupakan kebutuhan masa depan,” sambung Plt.

Untuk diketahui, MAK Negeri Bula dibangun diatas lahan bersertifikat, seluas 10 hektar, dilengkapi asrama untuk siswa/siswi, masjid, rumah dinas, fasilitas olahraga, laboraturium, dan fasilitas pendukung lainnya. Madrasah ini merupakan satu-satunya di Provinsi Maluku. (keket/resi/inmas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: