Mahasiswa Unpatti Tewas Dianiaya, Polisi Tangkap 9 Orang Tersangka Pelaku

oleh -286 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 9 orang menjalani pemeriksaan di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, terkait tewasnya mahasiswa Universitas Pattimura Ambon, Husein Suat (23) dalam satu kasus penganiayaan.

Polisi menjelaskan, kasus tersebut berawal dari salah paham yang terjadi di sekitar jembatan LIPI sekitar pukul 02.00 WIT dan berujung terjadinya penganiayaan di Jembatan Merah Putih sekitar pukul 03.00 WIT, Kamis (11/2/21).

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Leo Nugraha Simatupang membenarkan pihaknya ada melakukan penangkapan pada 9 orang dalam kasus tewasnya mahasiswa tersebut. 

“Memang sudah beberapa kita amankan diperiksa sebagai saksi, saat ini sudah lebih-kurang 9 orang,” Katanya kepada media, Kamis (11/2/21).

Link Banner

Leo menuturkan, para pemuda yang mengikuti korban dari belakang kemudian menendang sepeda motor korban hingga korban dan rekannya terjatuh tepat di atas tanjakan Jembatan Merah Putih. 

Baca Juga  KAMMI Buru Bagi Sembako & Seperangkat Alat Sholat untuk Mualaf

“Jadi saat terjatuh itu korban dan rekannya memilih lari meninggalkan sepeda motor, tapi korban ini tetap dikejar dan akhirnya dikeroyok dan ditusuk di bagian punggung,” ungkap dia. 

Menurutnya, rekan korban yang selamat dalam insiden itu kemudian mendatangi kantor Polsek Teluk Ambon untuk melaporkan kejadian itu. 

“Rekan korban mendatangi Polsek untuk melapor itu pada pukul 05.00 WIT,” ujar dia. 

Polisi yang menerima laporan itu langsung bergegas dan menangkap sembilan orang. 

Leo mengatakan 9 orang yang ditangkap terdiri atas mahasiswa, pelajar, hingga pengangguran. Leo menegaskan penganiayaan terhadap Husein tersebut dipicu kesalahpahaman dan tidak berhubungan dengan kampus, kelompok maupun SARA.

Kapolsek Teluk Ambon Ipda Burhanuddin Surya yang dikonfirmasi wartawan membenarkan pihaknya telah menahan sembilan terduga pelaku untuk dimintai keterangannya. 

Baca Juga  Presiden Filipina Suruh Rakyat Tembak Pejabat Koruptor

“Untuk terduga pelaku sudah diamankan, sebanyak 9 orang,” ujar dia. 

Saat ini, para terduga pelaku masih menjalani pemeriksaan. Sebanyak tiga orang menjalani pemeriksaan di Polsek Teluk Ambon dan enam lainnya menjalani pemeriksaan di Polresta Pulau Ambon. 

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, polisi belum mau mengungkap identitas kesembilan terduga pelaku yang ditahan tersebut. 

“Belum ada tersangka, masih pemeriksaan karena masih dipelajari peran dari masing-masing terduga pelaku,” terang dia.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon, Ipda Isack Leatemia mengaku, ada enam terduga pelaku yang saat ini menjalani pemeriksaan di Polresta Ambon. 

“Iya betul, ada yang diperiksa di Polsek itu ada tiga orang dan di Polresta ada enam, masih kami dalami ya,” kata dia. 

Baca Juga  Bupati SBB Diduga Sunat Dana Desa

Jenazah Husein Suat sendiri sudah dijemput pihak keluarga untuk dikebumikan. Sebelumnya, kata Leo, polisi telah melakukan visum. (keket)