Mahfud MD Jadi Mendagri Ad Interim, Ada Apa dengan Tito?

oleh -118 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ad interim. Posisi Mendagri saat ini dijabat Tito Karnavian. Ada apa dengan Tito Karnavian?

Penunjukan Mahfud Md sebagai Mendagri ad interim terungkap dalam sebuah surat seperti diterima porostimur.com, Jumat (28/8/2020). Dalam surat tersebut tertulis hal: Penunjukan Mendagri Ad Interim.

Surat dengan Nomor 821.1/4837/SJ tersebut diteken langsung oleh Sekretaris Jenderal Mendagri Muhammad Hudori.

“Sehubungan dengan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-642/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/08.2020 tanggal 27 Agustus 2020 perihal Penunjukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sebagai Menteri Dalam Negeri Ad Interim, bersama ini dengan hormat disampaikan bahwa penulisan tata naskah yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Ad Interim sebagai berikut,” demikian bunyi isi surat yang diterima porostimur.com, Jumat (28/8/2020).

Link Banner
Surat penunjukkan Mahfud MD untuk menggantikan sementara Mendagri Tito Karnavian. (Ist)
Surat penunjukkan Mahfud MD untuk menggantikan sementara Mendagri Tito Karnavian. (Ist)

Di bawah penjelasan itu juga terdapat kolom untuk tanda tangan Mahfud sebagai pengesahan dirinya menjadi Mendagri sementara.

Baca Juga  Ada Polwan di Kamar Mandi Bareng Pak Kanit Reskrim

Surat itu ditujukan kepada seluruh lembaga-lembaga yang bergerak di bawah Kemendagri seperti Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan (BNPP), IPDN, Staf Ahli Manteri, DKPP, KORPRI, hingga Kepala Balai Pemerintahan Desa.

Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa telah menerima informasi mengenai surat Mendagri ad interim dari Kemendagri. Mahfud Md bakal menjadi Mendagri ad interim selama dua hari.

“Cuma dua hari, Minggu sudah pulang,” kata Saan Mustopa saat dimintai konfirmasi.

Informasi lanjutan, Tito ternyata menjalankan tugas negara ke luar negeri. Tito terbang ke Singapura untuk memenuhi undangan Negeri Singa membahas penanganan COVID-19. Eks Kapolri itu akan kembali ke Tanah Air pada 30 Agustus 2020. (red)