Maki Andreas Rentanubun di Facebook, AMKEI Desak Zuhri Wael Minta Maaf

oleh -727 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Aliansi Masyarakat Kei (Amkei) wilayah Maluku mendesak Wakil Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Maluku, Zuhri Wael meminta maaf atas makiannya terhadap salah satu tokoh Kei, Andreas Rentanubun di media sosial facebok.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Amkei Wilayah Maluku, Mohammad Borut, kepada wartawan di Ambon, Jum’at (16/7/2021.

Menurut Borut, dalam beberapa hari ini, dibuat resah oleh makian Zuhri Wael di media sosial yang ditujukan kepada Andreas Rentranubun.

”Bagi kami masyarakat Kei, Andrias Rentranubun adalah tokoh dan sesepuh orang Kei yang sampai saat ini kami hormati. Kami tidak terima tokoh dan sesepuh orang Kei dicaci-maki seenaknya, sebab bagi kami harga diri itu adalah harga mati dan apapun dapat kami lakukan untuk membela harga diri kami selaku orang Kei,” tegasnya.

Borut mengaku Aliansi Masyarakat Kei, tidak memiliki kepentingan dengan persoalan politik yang jadi pangkal persoalan antara Zuhri dan lawan politiknya.

Baca Juga  Detik Detik Terakhir Tania

”Maka itu, kami mendesak saudara Zuhri Wael untuk segera menarik kembali pernyataan di laman facebook dan sekaligus meminta maaf kepada masyarakat Kei atas makian yang dilontarkan kepada bapak Andreas Rentranubun dalam waktu satu kali 24 jam. Jika saudara Zuhri tidak melakukan pengucapan maaf secara terbuka terhadap masyarakat Kei, maka kami akan mengambil langkah hukum terhadap saudara Zuhri Wael. Kami minta dia mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tegas Borut.

Borut bilang, sikap Zuhri Wael sangat melukai martabat masyarakat Kei, sebab orang Kei sangat menjunjung tinggi adab.

“Apapun persoalan politik silahkan, namun jika sudah sampai kepada makian atau ucapan-ucapan kotor itu tidak harus dilontarkan kepada Andreas Rentranubun. Sekali lagi saya tegaskan, Andreas Rentranubun sampai hari ini masih sebagai tokoh dan sesepuh yang sangat dihormati oleh masyarakat Kei,” tegasnya.

Baca Juga  Usung visi usaha kecil, Moenandar nyatakan siap ”fight” Pileg 2019

“Zuhri Wael harus segera menarik kembali ucapannya dan kemudian meminta maaf secara terbuka di ruang publik kepada masyarakat Kei, khususnya kepada keluarga Rentranubun,” tukas Borut.

“Zuhri Wael telah melakukan pelecehan terhadap masyarakat Kei, karena ucapan makian tersebut sangatlah tidak etis dan kami bisa melakukan apapun juga untuk membela harga diri kami selaku masyarakat Kei,” pungkasnya. (red)