Maluku Siap Melaksanakan Program Vaksinasi

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Doni Rerung mengatakan bahwa Maluku telah siap untuk melaksanakan vaksinasi.

“Untuk kesiapan Provinsi, kemarin saya menyampaikan bahwa baru 7 Kabupaten yang menyampaikan kesiapan itu melalui bukti SK penunjukan fasilitas layanan kesehatan yang dapat memberikan pelayanan vaksinasi. Informasi hari ini bahwa ternyata semua Kabupaten/Kota sudah punya SK penunjukan fasilitas layanan kesehatan yang dapat melakukan tindakan vaksinasi di daerah masing masing. Berarti 11 Kabupaten/Kota di Maluku sudah siap melakukan vaksinasi”, ungkap Dony kepada wartawan dalam  konferensi pers di lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (6/1/2021).

Setelah 11 Kabupaten/Kota sudah mempunyai SK penunjukan fasilitas layanan kesehatan, Donny mengatakan upaya selanjutnya yang harus dilakukan masing masing Kabupaten/Kota ialah berkoordinasi dengan pihak BPJS untuk langkah-langkah selanjutnya mengenai penginputan P-Care vaksin yang akan dilakukan.

Baca Juga  Nelayan Desa Tuada Panen Ikan Teri di Bulan Puasa

“Itu nanti akan diberikan username dan passwordnya oleh pihak BPJS. Selanjutnya tinggal kita menunggu dari masing-masing Kabupaten/Kota, mudah-mudahan dalam seminggu ini sudah berproses termasuk di dalamnya latihan kepada para tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi. Berhubung karena tahap pertama dilakukan pada tenaga kesehatan jadi perlu dipahami bahwa tenaga kesehatan ini kan bukan hanya dokter dan perawat yang lain, tetapi kaitannya dengan orang-orang yang bekerja atau sumber daya kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan baik dia sopir, cleaning servis, administratif yang bekerja pada pelayanan kesehatan masuk dalam kategori itu”, kata Dony.

Link Banner

Rerung menuturkan melalui video konferens, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa tanggal 13 secara nasional serentak dilaksanakan vaksinasi dan untuk tingkat provinsi direncanakan tanggal 15 dan wajib para pimpinan daerah untuk terlibat bersama-sama dan dihadiri oleh para orang-orang kesehatan dan pejabat publik lainnya.

Baca Juga  Berakting Penadah Motor Curian, ZK Digelandang Polisi

Terkait jumlah tenaga medis yang divaksin Dony mengatakan bahwa semua Puskesmas atau Dinas Kesehatan sudah menginput mengenai tenaga-tenaga kesehatan yang akan divaksin.

“Mudah-mudahan saya tidak salah informasi mengenai data yang saya dapatkan, di data kesehatan ada 12.536 untuk provinsi, data kontak terisi 12.103, kemudian data yang belum terisi masih ada 2000 sekian, jadi total yang sudah ini 14.598 atau mencapai sekitar 85%. Jadi ni menandakan bahwa Provinsi Maluku sudah siap, teman teman di Kabupaten sudah siap untuk melakukan hal ini. Yang jelas petunjuk presiden tadi bahwa setelah vaksin secara nasional akan segera menyusul sedapat-dapatnya sehari kemudian sudah bisa atau paling lambat dua hari setelah itu baru ditindaklanjuti di daerah masing masing”, ujarnya.

Dony juga mengatakan bahwa Presiden meminta kesediaan para Gubernur dan pemerintah daerah dibawahnya untuk betul-betul mengawal proses pendistribusian dan proses vaksinasi berjalan dengan baik.

Baca Juga  Peduli Warga Halbar Dalam Covid-19, DPD NasDem Bagi Masker dan Hand Sanitizer

“Tentu TNI, Polri akan siap untuk membekap dan mengawal proses pelaksanaan vaksinasi ini. Tentu juga akan diperiksa betul fasilitas atau sarana tempat penyimpanan vaksinnya, karena vaksin harus tersimpan pada suhu 2-8° Celcius. Jadi akan tetap dikawal suhunya jangan sampai suhunya tinggi melewati aturan yang ada karena bisa menyebabkan vaksinnya menjadi rusak,” pungkasnya. (alena)