MAN IC Halbar Terapkan PBM Online di Tengah Pandemi Covid-19

oleh -104 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Dalam situasi wabah Covid-19 yang masih melanda dunia termasuk negeri tercinta Indonesia saat ini, sudah tentu merubah seluruh sendi kehidupan disemua lini, termasuk di dalamnya persoalan pendidikan.

Situasi yang luar biasa seperti ini tidak membuat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Halmahera Barat kehilangan cara bagaimana menyelenggarakan pendidikan untuk semua siswanya.

MAN Insan Cendekia Halmahera Barat sebagai madrasah akademik sekaligus kebanggaan Kabupaten Halmahera Barat yang terletak di Dodinga Jailolo Selatan saat ini juga tengah menyelenggarakan pendidikan secara daring (online).

Semua siswa MAN Insan Cendekia Halmahera Barat mengikuti proses belajar mengajar secara online atau dalam jaringan, setelah Pemerintah Provinsi Maluku Utara lewat edaran menghimbau untuk aktivitas belajar di sekolah dialihkan di rumah masing-masing siswa sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Kepala MAN Insan Cendekia Halmahera Barat, M. Zaimunir, menjelaskan bahwa, selama masa pandemi Covid-19 ini, pembelajaran madrasah dilaksanakan dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan Kemenag RI.

Baca Juga  HCW Nilai Pj. Walikota Ternate Gunakan Kekuatan JPN untuk Melawan Dirut PDAM Yang Dipecat

“Kami selaku pihak madrasah menyelenggarakan pendidikan secara daring, dengan demikian pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa, serta pelaksanaan pembelajaran yang inovatif akan tetap bisa dirasakan oleh siswa pada saat penerapan new normal nantinya”, jelasnya.

“Pada setiap harinya siswa hanya akan fokus pada materi esensial dari 1 atau 2 mapel pasangan dari mapel utama, pengembangan diri ataupun peminatan”, katanya.

Zaimunir menambahkan bahwa aktivitas pembelajaran madrasah pada masa pandemi Covid berpedemoman pada Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/ 2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020, serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020 mendatang.

Baca Juga  Wujudkan Ambon Cerdas, Pemkot Bangun jaringan Fiber Optik dan Spot WiFi Gratis

Disamping itu juga M. Zaimunir meminta kepada warga madrasah untuk berkomitmen tetap memberikan pelayanan pembelajaran terbaik pada siswa madrasah di masa pandemi Covid-19 ini.

Dikatakannya pula bahwa salah satu pembelajaran inovatif yang dilakukan oleh siswa selama bulan suci Ramadhan adalah dengan menggunakan channel youtube, dimana secara bergantian siswa yg terpilih menjadi narasumber kemudian ditayangkan di channel youtube. (ash/inmas)